Jalan Lebar Berkat Perencanaan yang Visioner

 Kamis, Tanggal 09-08-2018, jam 11:59:26
TUNTAS: Danrem 102/Pjg, Kolonel Inf Harnoto S Sos bersama unsur lainnya ketika melakukan pengecekan terhadap pembangunan jalan dan jembatan yang rampung 100 persen. FOTO: HMS FOR KALTENG POS

PALANGKA RAYA-Danrem 102/Pjg, Kolonel Inf Harnoto S Sos memimpin langsung upacara penutupan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan ke-102 di Kelurahan Sei Gohong, Bukit Batu, Rabu (08/08).

“Perencanaan TMMD dengan pola bottom up, Kodim dan masyarakat bermusyawarah menentukan lokasi, dengan berpedoman pada asas manfaat bagi orang banyak dan mempunyai efek  multidimensional, baik sosial, ekonomi, budaya dan sebagainya,” kata Danrem.

Jalan selebar 20 meter yang dibangun menunjukkan perencanaan yang visioner untuk kemanfaatan jauh ke depan. “Dalam satu atau dua dekade ke depan, wilayah ini akan ramai dengan kegiatan ekonomi",tandasnya.

Menyinggung tentang TMMD, mengutip amanat Kasad, bahwa melalui pembangunan inilah potensi yang ada di pedesaan harus digali dan dikembangkan. Pembangunan wilayah desa juga merupakan salah satu realisasi dari kebijakan nasional Nawacita, yang ingin mewujudkan pembangunan dari pinggiran.

“Selain itu, TMMD yang dilaksanakan bersama masyarakat untuk menggelorakan semangat gotong royong,” ucap Danrem.

TMMD ke-102 mengambil  tema,  Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenial. Hal ini  mengandung maksud, untuk menggelorakan semangat gotong royong, cinta tanah air, jiwa patriotisme, memperkuat wawasan kebangsaan terutama bagi generasi milenial.

Hadir dalam upacara penutupan tersebut, jajaran Polres Palangka Raya, pemerintah kota, DPRD, camat  dan Lurah se-Kecamatan Bukit Batu serta masyarakat desa setempat.

Sekedar untuk diketahui, pembukaan badan jalan sepanjang 2.215 meter dan lebar 20 meter. Sementara pembangunan jembatan kayu ulin dengan panjang 61 meter dan lebar 4 meter. Selain itu ada juga sasaran non fisik meliputi pelayanan KB dan kesehatan, penyuluhan kesadaran berbangsa dan bernegara serta rasa cinta tanah air hingga anti narkoba. (hms/ang)

Berita Terkait