Pemkab Kapuas

Alber Diduga Digunakan untuk Garap Proyek APBD

 Sabtu, Tanggal 11-08-2018, jam 11:05:05
Kondisi alat berat yang diduga tengah mengerjakan proyek APBD di salah satu desa di Kabupaten Kapuas.( WARGA FOR KALTENG POS)

KUALA KAPUAS – Alat Berat (Alber) yang ada di Dinas Pertanian  Kabupaten Kapuas diduga disalahgunakan. Di mana, Alber yang seharusnya digunakan untuk kelompok tani itu diduga dipakai tidak sesuai peruntukannya.

Hal itu dikatakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kunanto. Ia membeberkan laporan itu berdasarkan keluhan masyarakat yang disampaikan kepada pihaknya.  

"Ada laporan masyarakat disalah satu daerah ke saya. Mereka mempertanyakan kenapa Alber yang seharusnya untuk kelompok tani justru digunakan untuk mengerjakan proyek," kata Kunanto, kemarin (10/8).

Ketua Komisi III DPRD Kapuas ini menambahkan, salah satu contoh Alber yang berada di Rey 44 Blok E Kanan Desa Terusan Mulya. Di mana, Alber yang ada di wilayah itu diduga digunakan untuk menggarap proyek APBD.

“Seharusnya alat berat tersebut diperuntukan untuk kelompok tani. Bukan untuk mengerjakan proyek,” ujar dia.

Kunanto mengungkapkan, kalau alat berat itu disewakan maka yang menjadi pertanyaan uang sewanya dikemanakan. Karena, harus masuk Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Keadaan seperti ini diprediksi sudah berlangsung lama dan belum ada tindakan dari dinas terkait. Padahal masyarakat atau kelompok tani yang sangat membutuhkan,” ungkap Kunanto.

Wakil rakyat ini meminta agar pihak terkait segera melakukan penertiban. “Kalau memang disewakan kepada pihak ketiga, maka harus diusut,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Anjono Bhakti saat dikonfirmasi melalui telepon dan pesan singkat tampaknya belum bersedia memberikan jawaban. Pasalnya, hingga berita ini selesai dikerjakan, upaya wartawan untuk mendapatkan klarifikasi dari yang bersangkutan belum direspon. (alh/bad/iha/CTK)

Berita Terkait