PEMKAB SERUYAN

Penderita ISPA di Kuala Pembuang Tertinggi

 Jum`at, Tanggal 05-10-2018, jam 06:14:28
Ilustrasi. (foto: net)

KUALA PEMBUANG – Walaupun kabut asap yang terjadi di Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, tidak terlalu banyak, namun warga yang kena infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dianggap masih tertinggi. Banyak masyarakat yang berobat dengan keluhan penyakit tersebut.

Hal ini disampaikan Kepala UPTD Puskesmas Kuala Pembuang I Achmad Syahlani di Kuala Pembuang, Rabu (3/10). Menurut Syahlani, sampai saat ini kondisi udara di Kuala Pembuang sudah normal dan tidak ditemukan adanya kabut asap.

Namun di puskesmas ini banyak warga yang datang mengeluhkan penyakit ISPA. Dari data yang diterima sejak Agustus, sebanyak 317 pasien yang terkena ISPA. Jika direkap sejak Januari tahun hingga Agustus 2018, total ada 2.133 pasien.

"Hampir rata-rata warga Kuala Pembuang yang datang ke puskesmas mengalami ISPA. Kondisi musim kemarau ini sendiri memang sudah diprediksikan akan terjadi," ungkapnya.

Selain ISPA, warga yang kena diare juga terbilang banyak yang mengalami dan melakukan pengobatan di puskesmas. Mengingat penyakit tersebut dikarenakan banyak yang minum air kurang bersih. Hal ini disebabkan karena musim kemarau dan minimnya air bersih.

Untuk diare tercatat sebanyak 237 pasien terhitung sejak Januari hingga Agustus 2018. Pihak puskesmas di Kuala Pembuang terus melakukan berbagai tindakan untuk pencegahan, baik ISPA maupun diare.

"Untuk ISPA dan diare ini para pasiennya hampir merata. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kami minta bagi masyarakat hendaknya bisa menggunakan masker apabila sedang berada di luar rumah," ungkapnya. (son/ens/ctk/nto)

Berita Terkait