DPRD Kota

Kebaradaan Bank Sampah Masih Belum Dimanfaatkan Masyarakat

 Selasa, Tanggal 09-10-2018, jam 01:12:49
Nenie A Lambung

PALANGKA RAYA - Keberadaan bank sampah di Kota Palangka Raya hingga kini masih belum maksimal dimanfaatkan oleh masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari kurang taatnya masyarakat dalam membuang sampah. Akhirnya, kondisi ini menjadi perhatian Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A Lambung.

Menurut Nenie, banyak masyarakat yang enggan buang sampah pada tempatnya dikarenakan jumlah bank sampah yang ada masih belum tersebar secara merata. Khususnya di beberapa titik lokasi dekat permukiman warga.

"Jumlah bank sampah di Palangka Raya masih sedikit di tengah-tengah permukiman dan keberadaan bank sampah sebenarnya menjadi wadah untuk menekan berbagai jenis sampah organik maupun non organik,"ungkap Neni, Sabtu (6/10).

Terkait permasalahan sampah, menurut Nenie, pihaknya pernah studi banding terkait bank sampah di Jakarta. Keberadaan bank sampah dilihat dari manfaat, bisa dengan memilah sampah yang bernilai ekonomis ataupun dapat didaur ulang.

Untuk itu, kembali ditekankannya, keberadaan bank sampah di Kota Palangka Raya memang sangat dibutuhkan. “Di sisi lain kesadaran masyarakat juga perlu dituntut, terutama dalam hal pemanfaatan keberadaan bank sampah,” ungkap Nenie.(ena/ila/iha/CTK)

Berita Terkait