Harga Anjlok, Petani Sawit Mengeluh

 Selasa, Tanggal 09-10-2018, jam 10:05:31
MENGELUH: Petani sawit Kasmanto sedang memperlihatkan hasil pertaniannya yang saat ini harga sawit anjlok.SONY/KALTENG POS

Harga Anjlok, Petani Sawit Mengeluh

KUALA PEMBUANG-Akibat harga buah kelapa sawit anjlok, para petani di wilayah Kabupaten Seruyan mengeluh. Pasalnya, harga yang anjlok tersebut sudah terjadi beberapa bulan yang lalu. Sampai saat ini belum diketahui penyebabnya. Untuk itu, para petani meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan bisa melakukan tindakan, sehingga para petani bisa kembali bergairah.

"Kami sudah tidak tahu lagi harus berbuat apa karena harga buah sawit turun dratis. Kami minta pihak terkait membantu keresahan warga, khususnya para petani," kata Petani Sawit Kukuh, Senin (8/10).

Menurutnya, harga kelapa sawit sekarang mencapai Rp300-Rp400 perkilogramnya, dari harga normal yang biasanya berkisar pada Rp1.000-Rp1.500. Akhirnya, para petani enggan mengurus hasil pertaniannya. Ditambah lagi, para pengepul sampai saat ini tidak bersemangat mengambil hasil pertanian. Apalagi ada beberapa pengepul yang tidak membayarkan kepada para petani dan situasi ini semakin mempersulit.

"Semoga situasi ini bisa segera mereda dengan mengembalikan harga buah kelapa sawit. Kami khawatir para petani akan berubah pekerjaan karena menjadi petani sawit mulai tidak memberikan jaminan," ungkapnya. (son/ila)

Berita Terkait