PERHATIKAN ! BKD Kalteng Nyatakan Tes CPNS Dua Tahap CAT

 Jum`at, Tanggal 12-10-2018, jam 06:17:28
ILUSTRASI/NET

PALANGKA RAYA-Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalteng menyatakan, pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) melalui dua tahap computer assisted test (CAT). Pertama, CAT terkait seleksi kompetensi dasar (SKD). Kedua, CAT untuk seleksi kompetensi bidang (SKB).

Sekretaris BKD Kalteng, Ahmad Toyib menjelaskan, untuk tes SKD terdiri atas tiga komponen soal. Tes intelegensi umum (TIU), tes wawasan kebangsaan (TWK), dan tes karakteristik pribadi (TKP). Jika salah satu dari kompnen tersebut tidak memenuhi passing grade atau ambang batas nilai terendah, maka tes SKD dinyatakan tidak lulus.

“Kalau salah satu dari komponen itu tidak memenuhi, maka tidak lulus. Walau nilai yang lain tinggi, namun jika ada salah satu yang kurang, walau satu angka, maka tes SKD itu dinyatakan gugur. Semua harus memenuhi skor nilai yang sudah ditentukan,” urai Toyib kepada Kalteng Pos, Kamis (11/10).

Sedangkan untuk tes SKB, lanjut dia, sifatnya pada masalah teknis. Nilai tes SKD dan SKB akan digabung, untuk selanjutnya dihitung secara keseluruhan oleh BKN.

“Nanti nilainya akan digabung antara SKD dengan SKB oleh BKN. Pembobotan. Namun sudah ada ketentuan nilai atas itu,” jelas dia.

Toyib juga menambahkan, pemprov telah merevisi kebijakan penerimaan berkas CPNS. Semula, pemprov menetapkan pengiriman berkas fisik pelamar paling lambat 10 Oktober. Namun, berdasarkan kebijakan baru, pelamar formasi CPNS masih bisa mengirim berkas fisik hingga 15 Oktober nanti.

“Jadi, kami masih terima sampai 15 Oktober dengan tertanda cap pos,” terangnya.

Selain itu, ada beberapa proses juga yang diundur dari jadwal semula. Seperti seleksi administrasi yang semula dijadwalkan sampai 17 Oktober, akhirnya diperpanjang sampai 20 Oktober. Sedangkan, Tes SDK yang rencanya dilaksanakan pada 23 Oktober-14 November, direvisi menjadi 26 Oktober-17 November 2018.

“Itu jadwal revisi dari BKN pusat. Tapi, masih ada kemungkinan berubah lagi. Untuk sementara, jadwal itu yang dipakai,” pungkasnya. (uni/ce/abe)

Berita Terkait