Wow…! Serba Paling di Asian Games 2018

 Sabtu, Tanggal 18-08-2018, jam 12:37:43
Kirab obor Asian Games 2018 masuk di sela upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Jumat (17/8). Foto : Raka Deny/Jawa Pos

STADION Utama Gelora Bung Karno, Jakarta bakal menjadi perhatian dunia, saat Asian Games 2018 resmi dibuka, Sabtu (18/8) malam nanti. SUGBK akan menjadi etalase pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Berikut sejumlah fakta unik seputar Asian Games 2018 yang dirangkum Jawa Pos. 

Paling singkat
Persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018 menjadi yang tersingkat dalam sejarah. Tidak lebih dari empat tahun masa persiapan setelah Vietnam yang menang dalam bidding mundur sebagai tuan rumah 2018.

Paling tua
Di skuat Indonesia, ada fenomena tersendiri terkait usia atlet. Yang tertua adalah Michael Bambang Hartono, atlet bridge yang berusia 78 tahun.

Paling muda
Sedangkan atlet termuda Indonesia adalah Aliqqa Kayyisa yang berusia 9 tahun dan tampil pada skateboard putri.

Paling banyak
Sebagai tuan rumah, Indonesia ambil bagian dalam 40 cabor yang dipertandingkan. Menempatkan mereka sebagai kontingen terbanyak dengan 951 atlet.

Paling sedikit
Brunei Darussalam, salah satu negara Asia Tenggara menjadi bagian di Asian Games 2018 dengan kekuatan 15 atlet. Menjadi yang paling sedikit di antara kontingen peserta lainnya.

Paling besar
Inasgoc mengklaim bahwa panggung acara pada opening ceremony nanti malam merupakan yang terbesar dalam sejarah multievent olahraga di dunia. (nap)

Berita Terkait