Selasa, Tanggal 17-04-2018, jam 10:14:17
Pemko Palangka Raya

Lima ASN Masih Diperiksa

Terlibat Politik Dalam Pilkada Kota Palangka Raya
Lima ASN Masih Diperiksa
Ilustrasi.NET

PALANGKA RAYA - Inspektorat Kota Palangka Raya sampai saat ini masih memeriksa secara intens, lima oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terlibat politik dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Palangka Raya.

“Sampai saat ini, kami masih berproses memeriksa oknum ASN tersebut,” ucap Kepala Inspektorat Kota Palangka Raya Alman Pakpahan kepada Kalteng Pos, Senin (16/4).

Alman menjelaskan, pemeriksaan terhadap oknum tersebut, dikarenakan diduga ASN berfoto bersama calon wali kota dan wakil wali Kota Palangka Raya. Pemeriksaan yang dilakukan, mulai dari siapa yang mengupload foto-foto tersebut, apakah disengaja atau tidak, apa motifnya dan apakah benar berfoto bersama salah satu pasangan calon. Termasuk menelusuri apakah ada kaitan hubungan keluarga atau tidak, antara oknum ASN dengan paslon, hingga terlibat dalam foto bersama tersebut.

“Itu betul-betul kami teliti dan telusuri, ketika pemeriksaan terhadap mereka. Kami akan tanyakan dan periksa sehingga tahu jelas dan terang benderang”  terangnya.

Menurut dia, pemeriksaan tidak bisa dipastikan kapan akan selesai. Sebab, sampai saat ini masih berproses. Jika nanti sudah ada hasil pemeriksaan, maka baru lah akan dapat ditentukan langkah-langkah selanjutnya, termasuk sanksi, jika terbukti melanggar aturan yang ada.

“Kita tunggu saja tim yang bekerja. Jadi tidak bisa kami beberkan saat ini, namun sebenarnya teguran pun sudah bentuk dari sanksi atau hukuman,” kata Alman.

Berdasarkan aturan diinternal kepegawaian, pemeriksaan sudah sesuai SOP dan mendengarkan informasi dari semua pihak, artinya tidak hanya sepihak saja. Nantinya, semua bukti dan informasi lah yang menentukan bersalah tidaknya.

Sebelumnyapun Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono, tak henti-hentinya mengingatkan agar para ASN khususnya lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, agar tidak terlibat politik baik dalam pemilihan wali kota dan wakil wali Kota Palangka Raya, maupun pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun mendatang.

“Saya selalu ingatkan agar para ASN untuk tidak terlibat politik, karena akan menerima konsekuensinya, dan itu mau tak mau harus dihadapi dan dipertanggungjawabkan oleh ASN yang bersangkutan akan perbuatanya,” pungkas Mofit Saptono. (ari/aza/iha/CTK)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 15 Aug 18


Rabu, 15-08-2018 : 11:33:05
Kaum Muda Diharapkan Bisa Lebih Aktif Dalam Proses Demokrasi

PALANGKA RAYA - Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia mengajak generasi muda untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi. Walaupun sebagai pemilih pemula, generasi bangsa ini diim ... Read More

Selasa, 14-08-2018 : 11:12:26
Palangka Raya Fair Harus Meriah

PALANGKA RAYA - Dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-61 Kota Palangka Raya dan hari jadi ke-53 Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, serta hari jadi ke-73 Republik Indonesia (RI) ... Read More

Selasa, 14-08-2018 : 10:56:03
Suhu Turnamen di Makorem “Memanas”

Suhu Turnamen di Makorem “Memanas”PALANGKA RAYA-Kompleks Olahraga Terpadu Korem 102/Pjg semakin "panas". Hal ini disebabkan suhu pertandingan olahraga antar SLTA dalam rangka ... Read More

Senin, 13-08-2018 : 12:33:46
Jangan Persulit Kepala Daerah Terpilih

PALANGKA RAYA-Kebijakan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019 di kabupaten / kota, sudah seharusnya tidak mempersulit kepala daerah terpilih. Gubernur Kalteng Sugianto Sabran men ... Read More