Selasa, Tanggal 17-04-2018, jam 10:14:17
Pemko Palangka Raya

Lima ASN Masih Diperiksa

Terlibat Politik Dalam Pilkada Kota Palangka Raya
Lima ASN Masih Diperiksa
Ilustrasi.NET

PALANGKA RAYA - Inspektorat Kota Palangka Raya sampai saat ini masih memeriksa secara intens, lima oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terlibat politik dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Palangka Raya.

“Sampai saat ini, kami masih berproses memeriksa oknum ASN tersebut,” ucap Kepala Inspektorat Kota Palangka Raya Alman Pakpahan kepada Kalteng Pos, Senin (16/4).

Alman menjelaskan, pemeriksaan terhadap oknum tersebut, dikarenakan diduga ASN berfoto bersama calon wali kota dan wakil wali Kota Palangka Raya. Pemeriksaan yang dilakukan, mulai dari siapa yang mengupload foto-foto tersebut, apakah disengaja atau tidak, apa motifnya dan apakah benar berfoto bersama salah satu pasangan calon. Termasuk menelusuri apakah ada kaitan hubungan keluarga atau tidak, antara oknum ASN dengan paslon, hingga terlibat dalam foto bersama tersebut.

“Itu betul-betul kami teliti dan telusuri, ketika pemeriksaan terhadap mereka. Kami akan tanyakan dan periksa sehingga tahu jelas dan terang benderang”  terangnya.

Menurut dia, pemeriksaan tidak bisa dipastikan kapan akan selesai. Sebab, sampai saat ini masih berproses. Jika nanti sudah ada hasil pemeriksaan, maka baru lah akan dapat ditentukan langkah-langkah selanjutnya, termasuk sanksi, jika terbukti melanggar aturan yang ada.

“Kita tunggu saja tim yang bekerja. Jadi tidak bisa kami beberkan saat ini, namun sebenarnya teguran pun sudah bentuk dari sanksi atau hukuman,” kata Alman.

Berdasarkan aturan diinternal kepegawaian, pemeriksaan sudah sesuai SOP dan mendengarkan informasi dari semua pihak, artinya tidak hanya sepihak saja. Nantinya, semua bukti dan informasi lah yang menentukan bersalah tidaknya.

Sebelumnyapun Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono, tak henti-hentinya mengingatkan agar para ASN khususnya lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, agar tidak terlibat politik baik dalam pemilihan wali kota dan wakil wali Kota Palangka Raya, maupun pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun mendatang.

“Saya selalu ingatkan agar para ASN untuk tidak terlibat politik, karena akan menerima konsekuensinya, dan itu mau tak mau harus dihadapi dan dipertanggungjawabkan oleh ASN yang bersangkutan akan perbuatanya,” pungkas Mofit Saptono. (ari/aza/iha/CTK)



BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 19 Apr 18


Kamis, 19-04-2018 : 02:04:56
BKKBN Gelar Workhsop Peningkatan Kompetensi Teknis

PALANGKA RAYA -  Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalteng, menggelar workhsop peningkatan kompetensi teknis pengelola data dan informasi tingkat Provinsi Kalteng 2018 di salah satu hotel di Palangka Raya pada, Rabu malam (18/4).

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalteng Kusnadi mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya ... Read More

Kamis, 19-04-2018 : 11:41:20
Taksi Daring Harus Miliki Izin Dari Dishub

PALANGKA RAYA - Taksi daring keberadaannya tak dipungkiri banyak dinanti masyarakat Kota Cantik. Namun, sayangnya taksi daring yang sudah ada ini belum memiliki izin dari Dinas Perhubungan (Dishub) Palangka Raya. Hal ini juga sudah diketahui langsung oleh Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono.

“Taksi online (daring, red) harus ada izin,” tegasnya usa ... Read More