Kamis, Tanggal 19-04-2018, jam 12:16:49
DPRD Kapuas

Komoditi Kebun Buah dan Olahan Harus Dikembangkan

Komoditi Kebun Buah dan Olahan Harus Dikembangkan
Faujiannor

KUALA KAPUAS - Peran serta Pemerintah Daerah memberikan perhatian terhadap hasil perkebunan buah-buahan warga yang ada di Kabupaten Kapuas. Mengingat banyaknya hasil komiditi yang menjadi andalan seperti di Kecamatan Basarang dengan buah nanasnya yang terkenal. Selain itu masih ada beberapa daerah yang memiliki hasil buah dan langsung diproduksi untuk dijual ke luar daerah. Dampaknya begitu positif dan bisa menjadi nilai tersendiri dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah.

Anggota DPRD Kapuas, Faujiannor mengatakan, komoditi kebun buah dan olahan harus terus dikembangkan oleh masyarakat dan pemerintah daerah memberikan dukungan penuh. Sehingga produk lokal bisa menjadi produk andalan yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Pihaknya juga sangat mengapresiasi atas pencapaian yang telah diperoleh oleh masyarakat.  Salah satunya di Basarang yang telah mampu memperkenalkan dan menjual olahan dari buah nanas ke luar daerah.

“Kami sangat menyambut baik adanya produk andalan seperti nanas di daerah Kecamatan Basarang, mereka mampu melakukan olahan seperti selai nanas,”katanya.

Selain itu adanya komoditi semangka yang berkembang di daerah Kecamatan Dadahup, Mantangai dan Kapuas Barat.  Sehingga peran pemerintah selalu berperan serta memberikan dukungan sehingga hasil para petani perkebunan ini semakin meningkat. Tentunya rasa terima kasih atas dorongan dan dukungan dari pemerintah dalam mengembangkan usaha tersebut.

“Kami menyambut baik pemerintah daerah yang telah membantu masyarakat mengembangkan komoditi andalan sektor perkebunan ini. Kami juga bangga karena masyarakat sangat tekun untuk mempertahankan usaha sektor ini,” ungkapnya.

Dirinya berharap kedepan daerah-daerah lain yang cocok untuk dikembangkan perkebunan buah dapat mengikuti jejak dari wilayah yang sudah berhasil. Sehingga geliat usaha dari sektor perkebunan buah akan semakin kuat di Kabupaten Kapuas.

“ini bisa menjadi sebuah hal yang baik dan bisa diikuti di Kecamatan lain yang kondisinya memang berpotensi untuk perkebunan buah,” pungkasnya. (*kia/son/iha/CTK)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 23 May 18


Rabu, 23-05-2018 : 11:21:06
Dewan Dewan Pemda untuk Bentuk Tim Panitia Batas Desa

TAMIANG LAYANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bartim berjanji untuk mengawal serta menindaklanjuti seluruh kasus sengketa. Mengingat banyaknya masalah laha ... Read More

Rabu, 23-05-2018 : 11:18:10
Anggota Dewan yang Tidak Laksanakan Kampanye Agar Bisa Masuk Kantor

PULANG PISAU - Tingkat kehadiran anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) mengalami penurunan. Hal ini terjadi lantaran kehadirannya dikarenaka ... Read More

Rabu, 23-05-2018 : 11:14:54
Dewan Pertanyakan Keberadaan Bongkaran Kayu Ulin

KUALA KAPUAS - Hingga saat ini DPRD Kabupaten Kapuas masih mempertanyakan keberadaan sisa bongkaran jembatan yang terbuat dari kayu ulin. Karena jembatan tersebut sudah diganti den ... Read More

Rabu, 23-05-2018 : 11:12:25
Tahun Ini Katingan Dapat BSPS

KASONGAN – Tahun ini Kabupaten Katingan mendapatkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 369 unit. Bantuan berasal dari Kementerian PUPR melalui SNVT Penyediaan ... Read More