Kamis, Tanggal 19-04-2018, jam 12:16:49
DPRD Kapuas

Komoditi Kebun Buah dan Olahan Harus Dikembangkan

Komoditi Kebun Buah dan Olahan Harus Dikembangkan
Faujiannor

KUALA KAPUAS - Peran serta Pemerintah Daerah memberikan perhatian terhadap hasil perkebunan buah-buahan warga yang ada di Kabupaten Kapuas. Mengingat banyaknya hasil komiditi yang menjadi andalan seperti di Kecamatan Basarang dengan buah nanasnya yang terkenal. Selain itu masih ada beberapa daerah yang memiliki hasil buah dan langsung diproduksi untuk dijual ke luar daerah. Dampaknya begitu positif dan bisa menjadi nilai tersendiri dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah.

Anggota DPRD Kapuas, Faujiannor mengatakan, komoditi kebun buah dan olahan harus terus dikembangkan oleh masyarakat dan pemerintah daerah memberikan dukungan penuh. Sehingga produk lokal bisa menjadi produk andalan yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Pihaknya juga sangat mengapresiasi atas pencapaian yang telah diperoleh oleh masyarakat.  Salah satunya di Basarang yang telah mampu memperkenalkan dan menjual olahan dari buah nanas ke luar daerah.

“Kami sangat menyambut baik adanya produk andalan seperti nanas di daerah Kecamatan Basarang, mereka mampu melakukan olahan seperti selai nanas,”katanya.

Selain itu adanya komoditi semangka yang berkembang di daerah Kecamatan Dadahup, Mantangai dan Kapuas Barat.  Sehingga peran pemerintah selalu berperan serta memberikan dukungan sehingga hasil para petani perkebunan ini semakin meningkat. Tentunya rasa terima kasih atas dorongan dan dukungan dari pemerintah dalam mengembangkan usaha tersebut.

“Kami menyambut baik pemerintah daerah yang telah membantu masyarakat mengembangkan komoditi andalan sektor perkebunan ini. Kami juga bangga karena masyarakat sangat tekun untuk mempertahankan usaha sektor ini,” ungkapnya.

Dirinya berharap kedepan daerah-daerah lain yang cocok untuk dikembangkan perkebunan buah dapat mengikuti jejak dari wilayah yang sudah berhasil. Sehingga geliat usaha dari sektor perkebunan buah akan semakin kuat di Kabupaten Kapuas.

“ini bisa menjadi sebuah hal yang baik dan bisa diikuti di Kecamatan lain yang kondisinya memang berpotensi untuk perkebunan buah,” pungkasnya. (*kia/son/iha/CTK)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 15 Aug 18


Rabu, 15-08-2018 : 12:21:32
Dewan Dukun Ditetapkannya Desa Tumbang Manggu

KASONGAN – Ketua DPRD Kabupaten Katingan, Ignatius Mantir L Nussa mendukung telah ditetapkannya Desa Tumbang Manggu, Kecamatan Sanaman Mantikei sebagai Kampung Merah Putih. Read More

Rabu, 15-08-2018 : 12:17:50
Program Bebas Prostitusi Lokalisasi Harus Jelas

TAMIANG LAYANG – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Bartim, Raran menginginkan, para pihak berkompeten salah satunya Dinas Sosial (Dinsos) mengungkap tempat hiburan malam (THM) ya ... Read More

Rabu, 15-08-2018 : 12:15:06
Edy-Taty Bisa Penuhi Semua Janji Politiknya

PULANG PISAU - Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Pulang Pisau telah memasuki babak akhir. Rapat pleno penetapan pasangan calon terpilih pun sudah dilaksanakan Kom ... Read More

Rabu, 15-08-2018 : 12:11:59
Dewan Berikan Apresiasi Langka Pemkab

KUALA PEMBUANG - Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan terus melakukan pembangunan jalan rupanya mendapatkan dukungan. Kali ini dari DPRD Seruyan yang mendukung dan mengapres ... Read More