Kamis, Tanggal 19-04-2018, jam 02:04:56
BKKBN Provinsi Kalteng

BKKBN Gelar Workhsop Peningkatan Kompetensi Teknis

BKKBN Gelar Workhsop Peningkatan Kompetensi Teknis
Para peserta workhsop peningkatan kompetensi teknis pengelola data dan informasi tingkat Provinsi Kalteng 2018 disalah satu hotel di Palangka Raya, Rabu (18/4). (BKKBN FOR KALTENG POS ONLINE)

PALANGKA RAYA -  Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalteng, menggelar workhsop peningkatan kompetensi teknis pengelola data dan informasi tingkat Provinsi Kalteng 2018 di salah satu hotel di Palangka Raya pada, Rabu malam (18/4).

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalteng Kusnadi mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya untuk ketersediaan data dan informasikeluarga yang berkualitas dan tepat waktu. Sebagaimana diamanatkan Undang-undang nomor 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga.

“Di dalam undang-undang tersebut dijelaskan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah wajib mengumpulkan, mengolah, menyajikan data, informasi mengenai keluarga kependudukan dan keluarga,” kata Kusnadi.

Komitmen pemerintah melalui kebijakan pembangunan kependudukan keluarga berencana yang tercantum dalam rencana pembangunan jangka panjang menengah (RPJMN) tahun 2015 – 2019, bahwa arah kebijakan dan strategi pembangunan kependudukan dan keluarga berencana salah satunya difokuskan pada peningkatan ketersediaan dan kualitas data dan informaasi kependudukan yang memadai, akurat dan tepat waktu.

“Upaya untuk menunjang penyediaan data dan informasi transparansi serta akuntabilitas penyelenggaraannya melalui sistem informasi keluarga (SIGA). Di mana aplikasi SIGA ini dikembangkan sebagai aplikasi yang dapat mengintegrasikan aplikasi statistic rutin dan aplikasi pendataan keluarga,” jelasnya.

Untuk kedepan, kata Kusnadi, aplikasi ini dapat diakses secara online, offline maupun mobile. Tujuannya untuk memberikan kemudahan bagi pengelola data dan informasi di seluruh ringkatan wilayah dalam hal pengelolaan sistem pencatatan dan pelaporan yang di dalamnya termasuk pelayanan KB, pengendalian lapangan serta pemuktahiran data keluarga Indonesia.

“Saya mengimbau untuk semua peserta supaya dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik,” tukasnya.

Diharapkan, kegiatan ini dapat menghasilkan SDM pengelola data statistik rutin (pelayanan KB dan pengendalian lapangan), yang berkualitas dan dapat memperkuat upaya penyempurnaan sistem pencatatan dan pelaporan program KKBPK yang berkualitas serta mendukung segala upaya pencapaian target dalam prioritas pembangunan nasional, RPJMN dan Renstra BKKBN 2015-2019. (iha/k/OL)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 15 Aug 18


Rabu, 15-08-2018 : 12:31:32
Empat Jam Hilang, Bocah SD Ditemukan di Dasar Sungai

NANGA BULIK-Masyarakat Desa Kujan, Kecamatan Bulik beramai-ramai ke tepi Sungai Lamandau, Selasa (14/8). Bahkan sebagian kecil warga juga menceburkan diri ke sungai, dan beberapa lagi memilih berad ... Read More

Rabu, 15-08-2018 : 10:41:01
Siap Bertanding, Target Satu Medali Emas

Jelang pelaksanaan Asian Games setiap atlet terus mempersiapkan diri. Mulai dari program latihan, asupan gizi dan hiburan. Tak tanggung-tanggung medali emas menjadi target pencapaian. Tak terkecual ... Read More

Rabu, 15-08-2018 : 10:18:00
Saat Ini, Ada Empat Napi Teroris di Kalteng

PENANGKAPAN terduga aksi radikalisme alias terorisme, Lu, mengingatkan pada sangat rentannya warga binaan di lembaga pemasyarakatan maupun rumah tahanan. Selain Lu, mantan pegawai ... Read More

Rabu, 15-08-2018 : 10:06:57
Mendadak Berubah, Anak dan Istri Mengurung Diri

Mendadak Berubah, Anak dan Istri Mengurung Diri

 

Sementara itu, istri terduga radikalisme, saat ini seperti dikucilkan di lingkunganya. Tampak sekali jika ... Read More