Kamis, Tanggal 19-04-2018, jam 02:04:56
BKKBN Provinsi Kalteng

BKKBN Gelar Workhsop Peningkatan Kompetensi Teknis

BKKBN Gelar Workhsop Peningkatan Kompetensi Teknis
Para peserta workhsop peningkatan kompetensi teknis pengelola data dan informasi tingkat Provinsi Kalteng 2018 disalah satu hotel di Palangka Raya, Rabu (18/4). (BKKBN FOR KALTENG POS ONLINE)

PALANGKA RAYA -  Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalteng, menggelar workhsop peningkatan kompetensi teknis pengelola data dan informasi tingkat Provinsi Kalteng 2018 di salah satu hotel di Palangka Raya pada, Rabu malam (18/4).

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalteng Kusnadi mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya untuk ketersediaan data dan informasikeluarga yang berkualitas dan tepat waktu. Sebagaimana diamanatkan Undang-undang nomor 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga.

“Di dalam undang-undang tersebut dijelaskan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah wajib mengumpulkan, mengolah, menyajikan data, informasi mengenai keluarga kependudukan dan keluarga,” kata Kusnadi.

Komitmen pemerintah melalui kebijakan pembangunan kependudukan keluarga berencana yang tercantum dalam rencana pembangunan jangka panjang menengah (RPJMN) tahun 2015 – 2019, bahwa arah kebijakan dan strategi pembangunan kependudukan dan keluarga berencana salah satunya difokuskan pada peningkatan ketersediaan dan kualitas data dan informaasi kependudukan yang memadai, akurat dan tepat waktu.

“Upaya untuk menunjang penyediaan data dan informasi transparansi serta akuntabilitas penyelenggaraannya melalui sistem informasi keluarga (SIGA). Di mana aplikasi SIGA ini dikembangkan sebagai aplikasi yang dapat mengintegrasikan aplikasi statistic rutin dan aplikasi pendataan keluarga,” jelasnya.

Untuk kedepan, kata Kusnadi, aplikasi ini dapat diakses secara online, offline maupun mobile. Tujuannya untuk memberikan kemudahan bagi pengelola data dan informasi di seluruh ringkatan wilayah dalam hal pengelolaan sistem pencatatan dan pelaporan yang di dalamnya termasuk pelayanan KB, pengendalian lapangan serta pemuktahiran data keluarga Indonesia.

“Saya mengimbau untuk semua peserta supaya dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik,” tukasnya.

Diharapkan, kegiatan ini dapat menghasilkan SDM pengelola data statistik rutin (pelayanan KB dan pengendalian lapangan), yang berkualitas dan dapat memperkuat upaya penyempurnaan sistem pencatatan dan pelaporan program KKBPK yang berkualitas serta mendukung segala upaya pencapaian target dalam prioritas pembangunan nasional, RPJMN dan Renstra BKKBN 2015-2019. (iha/k/OL)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 23 May 18


Rabu, 23-05-2018 : 11:36:24
Sakit Kambuh, Herman Ditemukan Meninggal

NANGA BULIK - Warga Desa Tanjung Beringin Kecamatan Lamandau Kabupaten Lamandau, Selasa (22/5) dihebohkan dengan penemuan mayat salah satu warga desa tersebut. Mayat Herman (44) di ... Read More

Rabu, 23-05-2018 : 10:22:48
Ini Kabar Gembira yang Ditunggu PNS soal Pembayaran THR

JAKARTA- Sepekan lagi PNS dan pensiunan akan menerima THR (tunjangan hari raya) atau dikenal dengan sebutan  Read More

Selasa, 22-05-2018 : 03:41:24
Pengendara Motor Tewas Ditabrak Pikap

KASONGAN – Peristiwa kecelakaan lalu lintas kembali terjadi di wilayah Kabupaten Katingan. Seorang pengendara sepeda motor Suzuki Shogun KH 4952 TQ bernama Bijo (58) tewas, s ... Read More

Selasa, 22-05-2018 : 02:11:35
OMG...! Mahasiswi Diduga Bunuh Janin Hasil Hubungan Gelap, Dikubur di Belakang Rumah

PALANGKA RAYA- Warga Jalan Mendawai III geger. Salah satu warganya terlibat kasus hukum. Wanita berinisiak SR diduga dengan sengaja menggugurkan janinnya.  Janin hasil hubungan gelap dengan PD ... Read More