Sabtu, Tanggal 17-02-2018, jam 09:51:25

Jajaki ke Pasar Eropa

Jajaki ke Pasar Eropa
Aratuni D Djaban

PALANGKA RAYA - Suatu hal yang membanggakan untuk Palangka Raya. Pasalnya, produk lokal Kota Cantik ini dapat menembus pasar luar negeri. Melihat itu, ada potensi cukup besar untuk pengembangan produk lokal demi perekonomian masyarakat.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Palangka Raya Aratuni D Djaban mengatakan ada satu perusahan industri yang mengekspor produknya sampai ke luar negeri dengan produk andalannya adalah gagang sapu dan sumpit.

“Mereka sudah ekspor ke luar negeri kalau tidak salah ke benua Asia,” ucapnya belum lama ini.

Dijelaskan Aratuni, tujuan ekspor dari produk olahan dari kayu tersebut saat ini adalah negara Taiwan. Dengan ribuan kubik gagang sapu dan sumpit tersebut sudah ada beberapa kali dikirimkan ke Taiwan.

“Artinya ini bagus ada peningkatan dan jarang sekali industri dari Palangka Raya dapat menembus pasar luar negeri, dan pasti kami tetap mengutamakan kualitas produk,” tukasnya.

Tak hanya di Asia saja nantinya untuk pengembangan produk tersebut. Pihak Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, berupaya untuk menjalin kerja sama dengan Benua Eropa yang difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng.

“Kita mulai mencoba menjajaki ke pasar Eropa mungkin ke negara Swiss, yang dengan jenis dari kayu namun produk yang berbeda,” terang Aratuni.

Ungkap Aratuni, ada beberapa hal yang menjadi kendala untuk memenuhi ekspor tersebut nantinya, yakni bahan baku kayu yang semakin sulit dicari sehingga harus mencari sampai ke daerah-daerah luar kota ini.

“Ya itu jadi kendala kami di bahan baku, sehingga ini harus dicarikan solusi dari industri ini untuk kayu sebagai bahan baku terpenuhi untuk memenuhi pasar mereka,” tambahnya.

Di samping itu, daerah pengiriman ekspor ini juga menjadi kendala karena harus melalui pelabuhan Trisakti Banjarmasin Kalsel. Yang secara data tentunya akan terdata melalui wilayah tersebut.

“Mungkin pusat menilai ekspor tersebut dari wilayah Kalsel, padahal di wilayah kita juga ada pelabuhan yang bisa digunakan untuk mengirim barang ekspor tersebut yang secara data masuk di wilayah kita,” ungkap Aratuni.  (ari/ila/iha)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 22 Jul 18


Jum`at, 20-07-2018 : 11:10:40
Mofit Dilantik Jadi Ketua PERAGI

PALANGKA RAYA - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio secara resmi dilantik sebagai Ketua Perhimpunan Agronomi Indonesia (PERAGI) Komisariat Daerah ... Read More

Jum`at, 20-07-2018 : 07:34:52
Ini Dia Informasi Lelang Mobil Dinas Hasil Pidana Korupsi

TAMIANG LAYANG–Puluhan kendaraan operasional hasil tindak pidana korupsi dum mobil dinas tahun 2012 di Bartim, belum juga berhasil dijadikan uang atau penambahan sebagai pema ... Read More

Kamis, 19-07-2018 : 02:00:29
Loyalitas Merupakan Roh Militer

PANGKALAN BUN-Danrem 102/Pjg, Kolonel Inf Harnoto S Sos, memberikan pengarahan kepada prajurit Kodim 1014/Pbn dan Kompi C Yonif R 631/Atg di Mako Kompi setempat, Rabu (18/07).

Kehadiran o ... Read More

Kamis, 19-07-2018 : 10:13:30
Pemko Serahkan Tiga Kendaraan Pada Kwarcab Pramuka Palangka Raya

PALANGKA RAYA - Pemko Palangka Raya menyerahkan tiga unit kendaraan kepada Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Palangka Raya. Penyerahan kendaraan ini dilaksanakan bertepatan dengan H ... Read More