Senin, Tanggal 14-05-2018, jam 06:24:07

Hey Ladies, Ini Loh Efek Negatif dari Selfie

Hey Ladies, Ini Loh Efek Negatif dari Selfie
Wanita Cantik sedang Selfie. (foto : purch)

Fenomena selfie membuat meningkatnya jumlah orang yang beralih ke ahli bedah plastik. Menurut sebuah penelitian di jurnal JAMA Facial Plastic Surgery, mereka menginginkan adanya perubahan pada hidung mereka.

"Terlepas dari kemudahan selfie yang bisa dilakukan, jarak kamera yang pendek menyebabkan distorsi wajah karena proyeksi, terutama peningkatan dimensi hidung," laporan tersebut menyatakan.

Pada penelitian Nasal Distortion in Short-Distance Photographs: The Selfie Effect menemukan bahwa memotret diri Anda dari jarak sekitar 12 inci mendistorsi wajah Anda dan membuat dasar hidung tampak sekitar 30 persen lebih lebar dan ujung hidung 7 persen lebih lebar daripada saat mengambil foto 5 kaki jauhnya

Karena distorsi ini, ahli bedah plastik telah melaporkan peningkatan pada pasien yang meminta adanya perubahan pada hidung mereka dengan harapan agar diri mereka terlihat lebih baik.

Menurut sebuah jajak pendapat tahun 2017 oleh American Academy of Facial Plastic and Reconstructive Surgeons, 55 persen ahli bedah plastik wajah melaporkan bahwa pasien ingin tampil lebih baik saat di foto, meningkat dari 13 persen di tahun 2016.

Boris Paskhover, ahli bedah plastik wajah di Rutgers University dan salah satu penulis makalah tersebut mengatakan bahwa pasien akan datang untuk meminta agar kontur hidung mereka diperbaiki, dengan mengatakan bahwa hidung mereka terlihat terlalu besar pada foto.

"Selfies membuat hidung Anda terlihat lebih lebar dan tebal, padahal sebenarnya tidak. Ketakutan saya adalah bahwa generasi di luar sana sekarang tidak tahu. Yang mereka tahu hanyalah selfie," kata Paskhover, seperti dilansir laman MSN.

Dalam penelitian tersebut, peneliti mengambil dua foto subjek, satu dari jarak 12 inci dan satu dari jarak 5 kaki jauhnya.

Mudah sekali melihat perbedaan seberapa kecil atau besar hidung subjek terlihat dari jarak masing-masing. "Perbedaannya bisa dikaitkan dengan perspektif," kata Paskhover.

Saat kamera dekat dengan wajah seseorang, hidung mereka relatif lebih dekat ke kamera dibandingkan dengan bagian wajah lainnya, sehingga terlihat lebih besar. Bila seseorang jauh dari kamera, jarak relatif antara hidung dan bagian wajah lainnya rata, yang membuat hidung mereka terlihat lebih proporsional. "Saya ingin setiap orang menyadari bahwa ketika mereka mengambil selfie, mereka pada intinya melihat ke cermin funhouse portabel," pungkas Paskhover.(fny/jpnn)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 23 May 18


Sabtu, 19-05-2018 : 10:37:28
9 Cara Jitu Membuat Rumah Tangga Harmonis

MENYATUKAN dua insan berbeda kepribadian dalam ikatan rumah tangga memang tidak mudah. Perlu pemahaman dan pengertian yang maksimal agar tak berakhir dengan perpisahan.

M ... Read More

Selasa, 15-05-2018 : 07:03:50
Bhayangkari Peduli Pendidikan

PALANGKA RAYA- Perayaan hari ulang tahun Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB) berjalan khidmat dan sederhana. Puluhan istri-istri polisi itu berkumpul di Gedung Graha Bhayangkara, kemarin (14/5).

... Read More
Selasa, 15-05-2018 : 07:01:00
Keselamatan Nomor Satu

TERTIB. Mungkin itu salah satu hal yang wajib dilakukan bagi pengguna jalan. Jika tidak, bisa jadi dan mungkin saja, kecelakaan menghadang. Contohnya? Sudah banyak terjadi di jalanan.

&ld ... Read More

Senin, 14-05-2018 : 06:33:40
3 Kebiasaan Sehat ini Bisa Membantu Anda Panjang Umur

Ada banyak cara agar Anda bisa tetap sehat dan panjang umur.Beragam kebiasaan sehat bisa Anda terapkan sedini mungkin supaya bisa menikmati hidup yang panjang dan bahagia bersama keluarga. Angka ha ... Read More