Rabu, Tanggal 13-06-2018, jam 11:16:36
Pemko Palangka Raya

Arus Mudik di Palangka Raya Tidak Begitu Signifikan Dari Tahun Sebelumnya

Arus Mudik di Palangka Raya Tidak Begitu Signifikan Dari Tahun Sebelumnya
Wali Kota Palangka Raya Riban Satia Kepala Dinas Perhubungan Palangka Raya Eldy mematau arus mudik di terminal Mihing Manasa, Senin (11/6).( SRI/KALTENG POS)

PALANGKA RAYA - Puncak arus mudik Hari Raya Idulfitri 1439 Hijriah sangat berbeda dari tahun sebelumnya. Kalau tahun lalu terjadi hampir mendekati lebaran atau di H-1. Tahun ini puncaknya terjadi mulai di H-7 lebaran.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Palangka Raya Eldy menjelaskan, hal tersebut terjadi karena adanya libur panjang dan cuti bersama yang diberlakukan. Sehingga, kebanyakan orang memilih untuk pergi atau mudik sebelum mendekati lebaran.

“Berdasarkan pantauan kami sudah terlihat arus mudik di H-7. Artinya, puncaknya sudah terjadi, tidak lagi di H-3 atau H-1 seperti tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Eldy kepada Kalteng Pos, kemarin.

Terang Eldy, untuk arus mudik di Palangka Raya sendiri tidak begitu signifikan dari tahun-tahun sebelumnya. Berbeda dengan daerah lain yang ada jalur laut, di Palangka Raya hanya menggunakan jalur darat dan udara saja.

“Karena kita (Palangka Raya, red) tidak punya pelabuhan besar sehingga arus mudik yang kami pantau hanya darat dan udara saja, dan kalau udarakan itu adalah kewenangan provinsi untuk memantau itu,” tukasnya.

Dirinya memastikan arus mudik di Palangka Raya masih dalam kategori normal. Walaupun begitu pihaknya sudah mendirikan beberapa posko pemantauan di beberapa titik di Kota Cantik ini bersama dengan kepolisian.

“Kami juga sudah membangun pos pantau di lima titik bersama kepolisian dan TNI, yaitu di Jalan Yos Sudarso, Pahandut Seberang, Jalan Ahmad Yani Pasar Besar, dan Kereng Bengkirai,” beber Eldy.

Sebelumnyapun, Wali Kota Palangka Raya Riban Satia bersama dengan Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono meninjau sejumlah tempat guna memantau arus mudik di kota ini. Secara keseluruhan masih bisa dikatakan normal dan kondusif.

“Secara umum Palangka Raya sudah siap dan mampu untuk mengantisipasi arus mudik dan arus balik Idulfitri 2018. Sehingga kami harapkan dapat demikian adanya,” kata Riban.

Dicontohkannya, untuk dermaga Pelabuhan Rambang masih sangat relatif lancar, bahkan segi keamanannya masih sangat kondusif. Sedangkan, untuk debit air sendiri masih baik dan bisa dilalui kapal-kapal besar.

“Artinya, tidak berpengaruh dengan adanya lebaran ini, karena sebagian masyarakat kota tidak lagi menggunakan jalur air untuk mudik lebaran karena sudah dapat dijangkau,” pungkas wali kota dua periode ini. (ari/ila/iha/CTK)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 19 Jun 18


Selasa, 19-06-2018 : 11:30:14
Objek Wisata Air Hitam Susur Sungai Banyak Diminati Warga

PALANGKA RAYA - Hari kedua Idulfitri 1439 Hijriah, banyak warga Palangka Raya yang lebih memilih mengunjungi obyek wisata bersama keluarga Salah satunya ke obyek wisata Air Hi ... Read More

Selasa, 19-06-2018 : 11:21:42
ASN Jangan Tambah Libur

PALANGKA RAYA - Wakil Wal ... Read More

Selasa, 19-06-2018 : 06:27:34
Mau Daftar Sekolah SMA/SMK Ini Informasi Terbaru

PALANGKA RAYA-Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK Negeri dan swasta, sudah sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Namun karena masih ada sekolah yang belum terisi penuh, khususnya ... Read More

Selasa, 19-06-2018 : 06:16:51
Perusahaan Wajib Berlakukan Prosedur Rekrutmen

PALANGKA RAYA-Ibarat pepatah, dimana ada gula disitu ada semut. Lapangan pekerjaan di Bumi Tambun Bungai sampai saat ini masih sangat terbuka lebar. Khususnya untuk bekerja di bidang perkebunan, pe ... Read More