Rabu, Tanggal 13-06-2018, jam 05:14:48

Ingat! Setiap Bus Harus Bawa Dua Sopir

Ingat! Setiap Bus Harus Bawa Dua Sopir
Terminal WA Gara Palangka Raya

ARUS mudik di Palangka Raya memang tidak seramai di Sampit dan Pangkalan Bun. Namun, tim gabungan pemerintah daerah dan aparat keamanan, tetap melakukan pengecekan armada.

“Kami sudah lakukan test urine untuk driver dan kernet bus. Total 11 orang yang kami periksa. Semuanya negatif narkoba,” kata Wakapolres Palangka Raya Kompol Mohammad Zainur Rofik, usai pemeriksaan di Terminal AKAP WA Gara, Selasa (12/6).

Pihaknya berharap dengan hasil pemeriksaan tersebut, dapat memberikan rasa aman kepada para pengguna angkutan darat. Pemudik dengan kendaraan pribadi, juga diharapkannya untuk berhati-hati. Memeriksa kelayakan kendaraan sebelum berangkat mudik. Saling menghormati pengguna jalan lain, serta mematuhi setiap rambu lalu lintas.

Kepala Dishub Kalteng Ati Mulyati yang juga ikut pemantauan menegaskan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Perusahaan Otobus (PO) sejak H-7 Idulfitri. Meminta setiap PO untuk melakukan tes urine secara mandiri terhadap driver yang dimiliki, serta secara rutin melakukan pengecekan kendaraan.

“Ramp Check (pemeriksaan periodik) sudah dilakukan di Pool Bus, agar tidak mengganggu jadwal keberangkatan,” ucapnya.

Sedangkan untuk armada, dia menegaskan, tidak ada kekurangan. Walaupun ada lonjakan penumpang antara 5 sampai 8 persen menjelang lebaran.

Selain menyiapkan 263 armada angkutan, dia juga menegaskan garansi keamanan dari pihaknya. Pemudik dapat pulang dengan merasa aman dan nyaman, karena semuanya sudah dilakukan pengecekan sebelum keberangkatan.

Di samping itu, Asisten II Sekretariat Daerah Kalteng Nurul Edy, mengingatkan pentingnya kondisi prima driver angkutan umum. Selain menjaga kesehatan, juga membawa back-up driver untuk menggantikan saat kelelahan di jalan.

“Sesuai instruksi gubernur, dalam satu kendaraan minimal harus dua pengemudi. Mereka bergantian setiap 4 jam. Agar semuanya dipastikan aman dan selamat sampai tujuan, di samping juga pengecekan kelayakan sebelum berangkat,” tandasnya.

Pantauan Kalteng Pos, pengecekan kesehatan tidak hanya dilakukan oleh driver dan juga kernet. Tetapi masyarakat umum juga ada yang ikut ambil bagian, terutama yang ingin memeriksakan kesehatannya sebelum berangkat mudik ke kampung halaman.

Terpantau ada sekitar 44 orang yang melakukan pengecekan. Kebanyakan dari mereka dalam keadaan sehat. Walaupun dengan angka tekanan darah yang fluktuatif, ada yang tinggi dan rendah, tapi masih dalam kategori aman. (awa/ce/abe/nto/ctk)

 


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 19 Aug 18


Minggu, 19-08-2018 : 08:14:35
TERINDIKASI ! Izinnya Karaoke tapi Melayani Pria Hidung Belang

TAMIANG LAYANG - Dua lokalisasi di Barito Timur akan ditutup tahun 2019. Karena dua tempat yang izinnya hanya sebagai tempat karaoke itu, terindikasi membuka praktik melayani pria hidung belang ali ... Read More

Minggu, 19-08-2018 : 07:57:46
BELUM ADA LAPORAN MASYARAKAT TERKAIT DCS BERMASALAH

PALANGKA RAYA-Daftar Calon Sementara atau DCS seluruh bacaleg se-Kalteng telah diumumkan. Tentunya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten / kota dan provinsi meminta masyarakat mengawasi DCS. Jika ... Read More

Minggu, 19-08-2018 : 07:50:05
Lestarikan Kearifan Lokal

ENTAH ke berapa kalinya Polda Kalteng bersama Korem 102/Pjg dan DAD Kalteng, menginisiasi kegiatan bertajuk kebangsaan. Kali ini, peringatan HUT ke-73 RI dikemas dengan pagelaran tari-tarian khas D ... Read More

Minggu, 19-08-2018 : 07:38:01
Gubernur dan Rasyid Kunjungi Jemaah Haji Kalteng

MAKKAH-Jadwal wukuf di Arafah sudah semakin dekat. Kemarin, sejak pagi, semua jemaah memilih berdiam di hotel atau pondokan masing-masing untuk persiapan wukuf. Semua jemaah calon haji mulai hari i ... Read More