Kamis, Tanggal 14-06-2018, jam 04:41:57
Ketika Abrasi Tepian Sungai Kahayan Mulai Mengancam

Rumah Ambruk dan Dua Motor Tenggelam

Rumah Ambruk dan Dua Motor Tenggelam
Sebuah rumah kosong yang berada di Pinggir Sungai Kahayan ambruk akibat tanah longsor, Rabu dini hari (13/6). (HNI/KALTENG POS)

Rumah tua tak berpenghuni yang berada di pinggir Sungai Kahayan di kawasan Flamboyan, tiba-tiba ambruk ke dasar sungai. Tanah longsor di tepi sungai Kahayan perlu diwaspadai.

 

HANI, Palangka Raya

 

RABU (13/6) sekitar pukul 04.00 WIB, rumah kosong itu ambruk akibat pengikisan tanah pinggiran sungai, yang setiap waktu diterjang gelombang. Meski tidak ada korban jiwa, abrasi menyebabkan ambruknya bangunan tua ini perlu diwaspadai.

Untungnya, ambruknya rumah tak berpenghuni itu tidak menimpa rumah lanting di bawahnya. Namun, akibat kejadian itu, dua unit motor milik warga ikut tenggelam.

Peristiwa rumah ambruk ini sempat membuat warga sekitar heboh. Pasalnya, bunyi rumah ambruk ini terdengar hingga puluhan meter.

Dari informasi dihimpun, rumah kayu tersebut sudah beberapa tahun ditinggal kosong oleh pemiliknya. Rumah yang tidak berpenghuni ini dibiarkan dan tidak diurus, serta ditumbuhi rumput liar di sekitar rumah.

Karena tanah yang ada di pinggir bangunan mengalami longsor, maka bangunan rumah berukuran sekitar 8 x 10 meter ini ikut amblas ke dasar sungai. Ambruknya rumah tua ini, nyaris menimpa rumah lanting dan keramba milik warga yang berada di pinggir sungai.

“Nyaring (keras) mas bunyi runtuhnya. Peristiwa itu terjadi secara tiba-tiba, sehingga tidak ada warga yang melihat secara langsung,” ujar Budi, warga Flamboyan Bawah sekitar lokasi kejadian. (hni/ce/abe)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 19 Jun 18


Selasa, 19-06-2018 : 06:31:03
PASAR BESAR PALANGKA RAYA BERKOBAR

PALANGKA RAYA- Insiden kebakaran kembali menggemparkan Kota Cantik Palangka Raya.Kobaran api meluluhlantakan bangunan Pasar Tampung Untung yang ... Read More

Selasa, 19-06-2018 : 11:16:39
HEBOH…! Mancing Ikan, Warga Blanti Dapat Buaya 1,5 Meter

SAMPIT- Sekor buaya berukuran sekitar 1,5 memakan kail pancing berhasil ditangkap warga Blanti Desa Bangkuang Makmur, Kecamatan Mentawa Baru Ket ... Read More

Selasa, 19-06-2018 : 07:56:56
KECELAKAAN, 2 NYAWA MELAYANG

PALANGKA RAYA-Mobil pelat merah KH 751 AU terparkir di sisi kanan Pos Pelayanan Lebaran, Jalan Mahir Mahar. Lampu sebelah kanan ... Read More

Selasa, 19-06-2018 : 07:43:15
Tertimpa Reruntuhan Plafon, Muka dan Sebagian Rambut Ikut Terbakar

PALANGKA RAYA-Warga Jalan Pantung, Kelurahan Panarung mendadak geger. Rumah nomor 23 yang berada di samping Gang Nyai Bintang t ... Read More