Kamis, Tanggal 14-06-2018, jam 05:55:17

Sopir Lintas Trans Kalimantan Diperiksa Polisi

Sopir Lintas Trans Kalimantan Diperiksa Polisi
Kapolres Lamandau AKBP Andika K Wiratama memimpin langsung pengecekan narkoba dan kelayakan kendaraan, Selasa (12/6).(HUMAS POLRES FOR KALTENG POS)

NANGA BULIK – Polres Lamandau melakukan pemeriksaan narkoba, kondisi kesehatan sopir dan kelayakan angkutan, Selasa (12/6) yang melintasi Trans Kalimantan di Kecamatan Sematu Jaya, Kabupaten Lamandau. Kegiatan itu dipimpin langsung Kapolres Lamandau AKBP Andika K Wiratama.

"Pemeriksaan ini langkah antisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas, akibat sopir yang menggunakan obat-obatan atau narkoba dan kendaraan tidak layak," ungkap Kapolres Lamandau AKBP Andika K Wiratama, didampingi Wakapolres Kompol R.A.S Yudhapatie dan Kabag Ops AKP Andreas Alex, kemarin.

Satu persatu kendaraan yang melintas untuk mudik dihentikan untuk jalani pemeriksaan secara detail, baik dokumen kendaraan maupun sopirnya. Dimana sopir dilakukan test urine untuk memastikan bebas dari konsumsi obat dan narkoba. Sedangkan kendaraan diperiksa guna melihat kelayakan dari kendaraan yang mengangkut penumpang tersebut.

"Kita periksa kelayakan kendaraan, misal mesin, sistem pengereman, roda dan lainnya. Sehingga kendaraan benar-benar layak untuk mengangkut penumpang," tegasnya.

Untuk sasan dilakukannya tes urine narkoba, yakni para pengendara/sopir kendaraan baik roda empat, maupun roda enam, sekaligus melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan yang dibawa. Pemeriksaan surat-surat kelengkapan kendaraan dan juga memberikan imbauan kepada para penumpang agar selalu mengingatkan apabila sopir ngantuk, lelah ataupun cape segeralah beristirahat.

"Dari hasil pemeriksaan sebanyak 52 orang pengemudi kendaraan urinenya semua negatif, atau tidak mengandung narkoba. Sedangkan untuk jumlah tilangan sebanyak tujuh," beber Andika. (alh/nto/jun/ctk)

 


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 20 Aug 18


Senin, 20-08-2018 : 03:51:23
Bupati Serahkan Juara Lomba Desa

MUARA TEWEH-Bupati Batara H Nadalsyah menyerahan hadiah kepada desa yang menjadi juara lomba desa tingkat kabupaten Batara pada malam ramah tamah HUT RI ke73 di Balai Antang Muara ... Read More

Senin, 20-08-2018 : 03:46:49
Pawai Karnaval di Seruyan Penuh Atraksi

KUALA PEMBUANG-Dalam rangka memperingati HUT ke-73 RI, Pemerintah Kabupaten Seruyan menggelar Pawai Karnaval. Acara yang diikuti puluhan peserta pada Sabtu (18/8) ini begitu meriah dan semarak. Ber ... Read More

Senin, 20-08-2018 : 03:42:09
Napi Narkoba Gagal Bebas

MUARA TEWEH-Satu narpidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Muara Teweh gagal bebas. Warga binaan kasus narkoba itu tidak mendapat remisi HUT Kemerdekaan ke 73 RI,  se ... Read More

Senin, 20-08-2018 : 03:37:10
Bupati Apresiasi Warga Binaan Dapat Remisi

SAMPIT-Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) sebanyak 30 warga binaan di Lembaga Pemasyarakat Kelas II B Sampit yang mendapatkan remisi bebas. Bupati Kab ... Read More