Sabtu, Tanggal 23-06-2018, jam 10:50:49
Petani Diminta Konsisten, Pemkab Siap Bantu Lahan

Melihat Potensi Pertanian di Bumi Marunting Batu Aji

Share
Melihat Potensi Pertanian di Bumi Marunting Batu Aji
Hj Nurhidayah (dua dari kanan), H Ruslan AS (kanan) ketika panen wortel di Desa Kumpai Batu Atas, belum lama ini. (RUSLAN/KALTENG POS)

Selain masalah infrastruktur dan pariwisata. Sektor pertanian menjadi salah satu fokus yang akan dikembangkan Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) di bawah kepemimpinan Hj Nurhidayah dan Ahmadi Riansyah. Seperti apa?

HUSRIN A LATIF, Pangkalan Bun

SEBAGAI bentuk keseriusan dalam mengembang sektor pertanian. Beberapa waktu lalu, Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengunjungi pengembangan pertanian dan peternakan di negeri Kangguru Australia. Banyak pelajaran berharga yang bisa dikembangkan untuk pertanian di Kobar.

Salah satu potensi pertanian yang dimiliki oleh Kobar adalah tanaman wortel. Terbukti Usaha Kelompok Tani Tunas Baru dalam mengembangkan budi daya tanaman wortel di Kobar membuahkan hasil. Tanaman yang biasanya hanya bisa tumbuh subur di daerah yang memiliki curah hujan sedang (daerah sejuk) dan daerah pegunungan (dataran tinggi), ternyata bisa tumbuh subur di Bumi Marunting Batu Aji.

Hal ini dibuktikan dari lahan percontohan yang disiapkan untuk contoh budi daya tanaman wortel, seluruhnya berhasil tumbuh dan subur dangan kualiatas yang cukup baik. Saat dilakukan panen langsung secara perdana oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah SH. MH, belum lama ini.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah SH. MH mengatakan pihaknya melalui Pemkab Kobar selalu siap membantu apa saja yang menjadi kendala petani dalam bercocok tanam, asalkan petani bisa konsisten menjalani profesinya dan konsisten terhadap jenis tanaman yang mereka kembangkan.“Saya sudah berbicara dengan kades setempat, kita akan siapkan lahan untuk petani asal konsisten bertani, bukan hanya sekedar mengikuti trend, tak hanya itu kita juga akan back up masalah modal mereka melalui BUMDes," ujar Hj. Nurhidayah.

Bupati menambahkan, Pemkab sangat memperhatikan  perkembangan tanaman Holtikultura di Kobar, bahkan pihanya beberapa kali secara langsung turun kelapangan untuk melihat kendala apa saja yang diperlukan oleh para petani.“Hal ini untuk memberikan semangat kepada petani, sekaligus melihat keseriusan mereka mengembangan holtikultura di Kobar, karena kedepan kita berkeinginan untuk memiliki pasar induk, dan mereka inilah yang akan jadi pemasoknya, tanpa medatangkan sayuran dari pulau Jawa lagi,” jelasnya.

BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 20 Sep 18


Kamis, 20-09-2018 : 06:27:59
Murid SD Sanggau, Peneliti Cilik Terunggul 2018

Semangat belajar menjadi kunci sukses. Meski tak punya waktu khusus belajar di rumah, Diah Isma Khairani juga tak mau dipaksa belajar. Ia sadar pentingnya belajar. Bahkan di usianya yang masih beli ... Read More

Senin, 17-09-2018 : 09:50:53
Hasil Jukir dan Petugas Kebersihan untuk Beli Kostum

Banyak cara mengais rezeki halal. Ketimbang mencuri dan ditangkap polisi, tentu lebih baik apabila bisa membantu masyarakat. Menjadi badut misalnya. Menghibur diri sambil mengais rezeki.

... Read More

Minggu, 16-09-2018 : 10:21:18
Ingin Membesarkan MTQ dan Membangun Pondok

Menjadi guru mengaji, kemampuan almarhum HM Sadri Arsyad tak perlu diragukan lagi. Imam masjid berusia 76 tahun itu pernah juara membaca alquran. Bahkan, mengajar mengaji dilakukannya sejak 1979 hi ... Read More

Sabtu, 15-09-2018 : 10:52:17
Melihat Upaya BPBD Hadapi Karhutla

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih terus meluas di Kabupaten Kapuas. Pemadaman yang dilekukan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kini tak lagi mampu dilakukan melalui jalur dara ... Read More