Minggu, Tanggal 24-06-2018, jam 07:36:56

Pelihara Ratusan Kura-Kura, Digigit Sampai Berdarah

Share
Pelihara Ratusan Kura-Kura, Digigit Sampai Berdarah


MEMELIHARA kura-kura merupakan hal yang menyenangkan bagi Kautsar Eka Wardhana. Sejak 2012, pria yang akrab disapa Kautsar itu getol mengoleksi kura-kura berbagai jenis. Dari yang lokal hingga kura-kura dari luar. Tak sekadar merawat, dia juga menernakkan kura-kura. Melihat telur-telur peliharaanya tersebut menetas, jadi momen indah bagi Kautsar.

“Sampai sekarang saya punya sekitar 100 kura-kura dari berbagai jenis dan ukuran,” ucap dia saat diwawancarai, Kamis (31/5) lalu.  

Beberapa jenis kura-kura yang dimiliki Kautsar adalah red ears slinder atau Brazil, yellow belly, red belly, ocadia sinensis, cnemis, common snapping turtle, alligator snapping turtle, pelomedusa subrufa, castaneus pelusios, ouachita map turtle, dan troostite. Sedangkan yang lokal, ada kura-kura dada putih, merah, pink, ambon, pipi putih, dan daun.

“Yang paling saya sukai adalah jenis sideneck dan slinder, Karena mudah diternak dan telurnya banyak,” papar dia.

Kautsar mengatakan, untuk kura-kura indukan ukurannya sekitar 20–30 centimeter (cm). Usia dewasa sekitar 5–8 tahun. Apabila asupan makannya bagus, dalam tiga tahun kura-kura bisa diternakkan.  Jika dirawat dengan benar, lama usia kura-kura sampai 30 tahun ke atas.

“Dalam merawatnya berbeda-beda, untuk kura-kura ukuran 10 cm atau satu tahun perlu lebih teliti. Kalau yang sudah besar perawatannya tak banyak dan tidak ribet. Apabila sudah dewasa, kura-kura harus dicarikan pasangan juga,” jelas pria berkacamata tersebut.

Bertahun-tahun memelihara kura-kura, Kautsar juga tak lepas dari pengalaman buruk. Dia pernah digigit kura-kura sampai berdarah karena salah posisi pegang. Selain itu, adalah ketika kura-kura tidak mau makan dan mati. “Saya sangat galau saat kura-kura mati, tapi itu semua bisa menjadi pengalaman dan momen menarik yang saya punya,” pungkas Kautsar.

 

-          Pengaturan air kolam

Ketersediaan air untuk kura-kura berenang perlu diperhatikan. Untuk bayi kura-kura, sebaiknya air jangan terlalu dalam, cukup 10 sentimeter (cm) dari dasar.

 

BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 20 Sep 18


Minggu, 16-09-2018 : 01:15:29
Jeep Bukan Monopoli Kaum Adam

Mobil Jeep tidak selalu identik dengan kaum adam. Para wanita juga tidak dilarang mencintai mobil ini. Mereka-mereka yang mencintai mobi legendaris dari Amerika itu bergabung dalam sebuah komunitas ... Read More

Minggu, 16-09-2018 : 01:11:49
Berbagi Bekal untuk Calon Generasi Emas

SEBUAH grup chat dibuat secara khusus oleh Neny Rahmawati. Anggota grup chat tersebut adalah klien-kliennya di Griya Bunda Sehat Balikpapan. Grup chat itu dim ... Read More

Senin, 10-09-2018 : 11:37:46
Komunitas Pasar Lomba Menyeduh Kopi

KOPI semakin dicintai masyarakat. Seperti yang dilakukan para pecinta yang juga tergabung dalam komunitas kopi Santa, Pasar Santa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dengan berlomba menyeduh kopi sec ... Read More

Senin, 10-09-2018 : 11:36:17
Tarian Bercahaya Wotagei

BANYAK cara untuk mengekspresikan diri dan berlaku positif. Dengan memanfaatkan kemampuan menari, ditambah pernak-pernik lampu yang warna-warni, anak-anak muda kreatif di Kota Cant ... Read More