Sabtu, Tanggal 07-07-2018, jam 12:24:45

Ini Hasil Penyelidikan Polisi Terhadap Bom Pasuruan

Share
Ini Hasil Penyelidikan Polisi Terhadap Bom Pasuruan
Polisi mengamankan sekitar lokasi kejadian ledakan bom di Bangil, Pasuruan beberapa waktu lalu. (foto: net)

POLDA Jawa Timur terus melakukan penyelidikan terhadap kasus bom di Pasuruan. Hasil penyelidikan sementara menyebutkan, bom yang meledak adalah jenis bondet yang dirakit menjadi bom panci dengan daya ledak low explosive.

Menurut Irjen Machfud Arifin Kapolda Jatim, pelaku Abdullah alias Alwardi alias Ahmad Muslim juga seorang mantan napiter yang berafiliasi dengan JAD Depok dan Medan.

Rekam jejak lain, terduga teroris Abdullah (55) yang kini masih buron pernah melakukan kejahatan perampokan di wilayah Medan, serta terlibat pengeboman di Jakarta.,

"Meski memiliki 3 identitas yang berbeda, polisi sudah mengantongi identitas pelaku, dan saat ini masih dalam pengejaran," kata Irjen  Machfud.

Sementara itu hasil penyelidikan bom yang meledak dengan membawa korban anak terduga pelaku, ternyata bom tersebut jenis bondet atau bom yang sering digunakan untuk mencari ikan.

Hanya saja dirakit menjadi bom panci. Untuk daya ledak bom tersebut, menurut Kapolda Jatim kekuatannya low explosive, atau daya ledak rendah.

Dugaan bom Bangil, Pasuruan, memiliki daya ledak rendah (low eksplosive) sudah terbukti. Indikasinya, beberapa piring di lantai yang tak jauh dari lokasi kejadian masih utuh.

Meski saat ini kasus bom Pasuruan tengah ditangani kepolisian, Kapolda Jatim tetap mengimbau kepada masyarakat agar tenang. "Warga jangan mudah terpancing dengan pemberitaan di medsos yang bisa memperkeruh suasana" tambahnya.

Sumber Jawa Pos menyebutkan, piring dan makanan yang dimaksud Machfud itu adalah menu makan siang keluarga terduga teroris itu. Di atas piring-piring itu, tersaji nasi, tahu, dan sambal.

Letaknya tak jauh dari lokasi ledakan. Sekitar satu setengah meter. ”Nasi, sambel, semuanya utuh. Nggak ada yang terbalik,” ujarnya.

Namun, hidangan itu sudah tak bisa dimakan. Sebab ada serpihan debu dari plafon yang jebol dan juga pecahan kaca disekitarnya.

BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 20 Sep 18


Kamis, 20-09-2018 : 04:09:57
Para Jenderal Kumpul di Perbatasan

SINTANG-Panglima Kodam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi, didampingi Kasdam XII/Tpr, Danlatamal XII Pontianak, dan Komandan Lanud Supadio, melakukan kunjungan kerja ke perbatasan Indones ... Read More

Rabu, 19-09-2018 : 10:42:30
Budi Waseso Sebut Kalau Mendag Mau Kantornya Dipakai Jadi Gudang, Silakan Impor Beras..

DIRUT Perum Bulog Budi Waseso mengungkapkan, saat ini stok beras Bulog melimpah. Bahkan, saking melimpahnya, kata dia, Bulog sampai harus meminjam gudang pihak lain untuk menyimpan ... Read More

Selasa, 18-09-2018 : 12:16:38
Tiga Anggota Dewan Pemaksa Warga Lepas Baju #2019GantiPresiden, Sebut Khilafah Taik

SAMARINDA – Video persekusi tiga anggota DPRD Samarinda kepada warga pengguna jalan viral di media sosial. Tiga anggota DPRD Samarinda yang diduga melakukan persekusi yakni A ... Read More

Senin, 17-09-2018 : 11:52:55
19 September Mulai Pendaftaran CPNS, Jangan Lupa Caranya Ini

PENDAFTARAN Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 akan dibuka dua hari lagi. Artinya, pada tanggal 19 September ini, pemerintah akan mengumumkan formasi jabatan yang dibuka dalam ... Read More