Rabu, Tanggal 11-07-2018, jam 11:12:20
Pemko Palangka Raya

TPA Km 14 Tak Mampu Tampung Sampah Hingga 10 Tahun

Share
TPA Km 14 Tak Mampu Tampung Sampah Hingga 10 Tahun
M Alfath

PALANGKA RAYA - Banyaknya sampah yang masuk ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA), dinilai kian menambah singkat umurnya. Pasalnya, Pemko Palangka Raya menyatakan bahwa TPA yang berada di Jalan Tjilik Riwut Km 14 itu tak akan mampu menampung sampah hingga 10 tahun yang akan datang. Sehingga, perlu direlokasi.

“Kami prediksi TPA itu, daya tampungnya tak sampai 10 tahun ke depan,” ujar Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Palangka Raya Imbang Triatmaji melalui Kabid Kebersihan M Alfath kepada Kalteng Pos, kemarin.

Dijelaskannya, dari 10 Ha sudah 5 Ha lahan TPA yang terpakai. Meskipun demikian, 5 Ha lahan itu tidak bisa digunakan sebagai tempat tampung sampah.

“10 Ha itu tidak bisa digunakan secara maksimal. Karena ada beberapa hektar lahan di TPA yang terkendala adanya tower SUTT listrik di kawasan itu,” terangnya.

Masalah sampah merupakan hal cukup rumit diatasi oleh Pemko Palangka Raya. Pasalnya, sampah yang diproduksi masyarakat kota selama satu hari saja sudah mencapai angka 64,61 ton atau 430,7 meter kubik per hari. Banyaknya sampah, membuat pihak Disperkim mesti mengola dan mengurai sampah dengan baik. Selain itu, pihaknya juga mencari lokasi baru yang dinilai lebih ideal.

“Untuk lokasi baru, harus kami lakukan kajian-kajian yang matang. Pastinya dari segala segi dan aspeknya. Masih ada waktu untuk memikirkan lokasi baru itu,” beber pria yang dikenal ramah ini.

Selain merencanakan lokasi baru, pihaknya juga perlu mengelola armada yang mengangkut sampah. Lantaran, kata dia, sebanyak 50 rit truk sampah yang datang ke TPA setiap harinya. Walaupun, secara kuantitas, jumlah armada yang ada dinilainya masih belum ideal bila ingin melayani masyarakat dengan baik.

BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 20 Sep 18


Kamis, 20-09-2018 : 04:37:52
Cegah Korupsi dengan E-Budgeting

PALANGKA RAYA-Korupsi masih menjadi momok tersendiri bagi Indonesia. Berbagai Upaya pemberantasan korupsi dilakukan. Salah satunya, dengan penerapan sistem Elektonik Budgeting &nbs ... Read More

Kamis, 20-09-2018 : 10:51:45
Vaksinasi Sudah Capai 98 Persen

PALANGKA RAYA - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya telah memvaksin anti rabies (VAR) sebanyak 6.820 paket. Vaksinasi ini sudah mencapai 98 persen dari t ... Read More

Rabu, 19-09-2018 : 11:50:33
Jaga Kebersamaan dan Sinergitas

PALANGKA RAYA-Dalam beberapa pekan terakhir, beberapa wilayah di Kalteng diguyur hujan dengan rata-rata berintensitas tinggi. Hal ini tentu membawa dampak positif karena mampu memadamkan titik api ... Read More

Rabu, 19-09-2018 : 10:58:16
Titik Panas di Kota Cantik Capai 86 Titik

PALANGKA RAYA - Berdasarkan pantauan tim Satuan Tugas (Satgas) Karhutla sampai dengan September 2018, total titik panas (hotspot) di Kota Palangka Raya mencapai 86 titik. Dengan to ... Read More