Rabu, Tanggal 11-07-2018, jam 11:12:20

TPA Km 14 Tak Mampu Tampung Sampah Hingga 10 Tahun

TPA Km 14 Tak Mampu Tampung Sampah Hingga 10 Tahun
M Alfath

PALANGKA RAYA - Banyaknya sampah yang masuk ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA), dinilai kian menambah singkat umurnya. Pasalnya, Pemko Palangka Raya menyatakan bahwa TPA yang berada di Jalan Tjilik Riwut Km 14 itu tak akan mampu menampung sampah hingga 10 tahun yang akan datang. Sehingga, perlu direlokasi.

“Kami prediksi TPA itu, daya tampungnya tak sampai 10 tahun ke depan,” ujar Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Palangka Raya Imbang Triatmaji melalui Kabid Kebersihan M Alfath kepada Kalteng Pos, kemarin.

Dijelaskannya, dari 10 Ha sudah 5 Ha lahan TPA yang terpakai. Meskipun demikian, 5 Ha lahan itu tidak bisa digunakan sebagai tempat tampung sampah.

“10 Ha itu tidak bisa digunakan secara maksimal. Karena ada beberapa hektar lahan di TPA yang terkendala adanya tower SUTT listrik di kawasan itu,” terangnya.

Masalah sampah merupakan hal cukup rumit diatasi oleh Pemko Palangka Raya. Pasalnya, sampah yang diproduksi masyarakat kota selama satu hari saja sudah mencapai angka 64,61 ton atau 430,7 meter kubik per hari. Banyaknya sampah, membuat pihak Disperkim mesti mengola dan mengurai sampah dengan baik. Selain itu, pihaknya juga mencari lokasi baru yang dinilai lebih ideal.

“Untuk lokasi baru, harus kami lakukan kajian-kajian yang matang. Pastinya dari segala segi dan aspeknya. Masih ada waktu untuk memikirkan lokasi baru itu,” beber pria yang dikenal ramah ini.

Selain merencanakan lokasi baru, pihaknya juga perlu mengelola armada yang mengangkut sampah. Lantaran, kata dia, sebanyak 50 rit truk sampah yang datang ke TPA setiap harinya. Walaupun, secara kuantitas, jumlah armada yang ada dinilainya masih belum ideal bila ingin melayani masyarakat dengan baik.

“Perlu didukung armada yang dapat mengatasi permasalahan sampah ini secara kontinue,” pungkasnya. (ari/ami/iha/CTK)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 23 Jul 18


Minggu, 22-07-2018 : 11:44:01
Tahun Ini, Pemko Tambah 14 Gedung Kantor Baru

PALANGKA RAYA–Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kota Palangka Raya fokus menyelesaikan masalah pembebasan lahan di Kompleks Perkantoran Baru. Pembebasa ... Read More

Sabtu, 21-07-2018 : 10:04:48
Calon Kepsek Definitif Telah Diusulkan

PALANGKA RAYA-Hingga saat ini masih ada sejumlah Sekolah Dasar (SD) di Palangka Raya yang masih dijabat oleh seorang pelaksana tugas (Plt). Akhirnya dalam mengambil kebijakan tidak ... Read More

Sabtu, 21-07-2018 : 07:06:32
Sulit Cari Sumber Air, Dandim dan Kapolres Padamkan Lahan Terbakar dengan Cara Ini

PALANGKA RAYA - Kurang lebih 4 jam, api membakar lahan di Jalan Banteng, malam ini. Tim dari TNI, Polri dan pemadam memadamkan api dengan cara manual. Yakni dengan ranting poh ... Read More

Jum`at, 20-07-2018 : 11:10:40
Mofit Dilantik Jadi Ketua PERAGI

PALANGKA RAYA - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio secara resmi dilantik sebagai Ketua Perhimpunan Agronomi Indonesia (PERAGI) Komisariat Daerah ... Read More