Rabu, Tanggal 11-07-2018, jam 04:48:10

Warga Masih Buang Sampah Sembarangan

Share
Warga Masih Buang Sampah Sembarangan
Kondisi TPA yang sudah tidak memadai membuat sampah menumpuk dan meluber. (BURHAN KALTENG POS)

SAMPIT –Hingga saat ini kesadaran masyarakat dalam membuang sampah di Tempat sampah masih minim. Terbukti  ditemukan beberapa warga yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Bahkan apabila di tempat pembuangan sampah juga dengan cara dilempar. Akibatnya sampah tidak masuk dalam bak dan justru meluber hingga kejalanan.

 "Akibatnya apabila masih banyak yang membuang sampah secara sembarangan menyebabkan banjir.  Karna tidak sedikit sampah yang justru masuk kedalam drainase dan menutup aliran air,” Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotim, Sanggul L Goal kepada Kalteng Pos belum lama ini.

Menurutnya, hendaknya masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diimbau agar tidak membuang sampah sembarangan. Mengingat saat ini masih musim penghujan dan dikuatirkan apabila sampah dibuang sembarangan dapat menyebabkan banjir. Untuk itu demi mengatasi persoalan ini bukan hanya tugas pemerintah saja. Tetapi juga perlunya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar. Sehingga dengan memperhatikan lingkungan akan membuat kondisi daerah semakin bersih dan terbebas dari musibah banjir.

"Penyakit yang timbul di lingkungan masyarakat itu akibat kurangnya kepedulian tentang lingkungan, sampah itu sarangnya dari segala macam penyakit," ujarnya.

Perkembangan nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) yang dulu banyak menyerang masyarakat Kotim itu diakibatkan banyaknya sampah yang tergenang air hujan. Untuk itu masyarakat diharapkan membantu  petugas sampah dengan cara tidak membuang sembarangan. Agar nantinya petugas lebih mudah melakukan pekerjaanya.

"Kami yakin dengan adanya dukungan masyarakat tentunya Kota Sampit akan semakin bersih dan lebih indah,” pungkasnya. (*urh/son)

BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 20 Sep 18


Kamis, 20-09-2018 : 12:09:32
Dewan Prihatin Dengan Anjloknya Harga Sawit

KASONGAN – Usaha perkebunan kelapa sawit yang dikelola masyarakat, kini sedang lesu. Pasalnya, hingga kini harga buah sawit dari masyarakat masih anjlok. Jika dijual ke perus ... Read More

Kamis, 20-09-2018 : 12:06:09
Dampak Negatif Pernikahan Dini Masih Perlu Disosialisasikan

BUNTOK - Dampak negatif pernikahan dini masih perlu disosialisasikan oleh dinas terkait di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Barito Selatan (Barsel).  Pasalnya, salah satu ... Read More

Kamis, 20-09-2018 : 11:57:54
Bangunan Pelita Hilir Masih Tidak Jelas Statusnya

PURUK CAHU - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperidagkop UKM) Kabupaten Murung Raya (Mura) Kariadi mengaku kesulitan dalam menangani p ... Read More

Kamis, 20-09-2018 : 10:58:19
Kapuas Secara Resmi Buka 197 Formasi CPNS

KUALA KAPUAS - Kabar gembira bagi masyarakat yang mendambakan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pasalnya pada tahun 2018 ini Kabupaten Kapuas secara resmi membuka 197 form ... Read More