Kamis, Tanggal 12-07-2018, jam 09:09:56

Jangan Malas Manfaatkan Lahan, Demi Mengendalikan Inflasi

Share
Jangan Malas Manfaatkan Lahan,  Demi Mengendalikan Inflasi
Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran (kiri) berdiskusi dengan Pj Sekda Kalteng Fahrizal Fitri sesudah pelantikan tim percepatan pembangunan di Istana Isen Mulang, Selasa (10/7). DENAR/ KALTENG POS

PALANGKA RAYA-Salah satu hal yang menjadi perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng adalah pengendalian inflasi. Pasalnya, jika inflasi tidak terkendali dan harga barang mahal, maka bisa membuat perekonomian masyarakat di Kalteng kacau.

Untuk mengendalikan inflasi itu, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran mengingatkan masyarakat dengan banyaknya lahan subur di Bumi Tambun Bungai (julukan bagi Kalteng, red). Lahan subur itu bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pengembangan pertanian.

“Semestinya orang Kalteng ini memanfaatkan pekarangan. Pekarangan luas saja. Jangan sombong dan malas menanam cabai,” jelas Sugianto dalam sambutannya di Istana Isen Mulang, Rabu (11/7).

Untuk itu, ia memberikan tugas khusus kepada Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikuktura dan Peternakan Kalteng Sunarti. Ia tidak ingin ke depan cabai, bawang dan lainnya masih menjadi penyumbang inflasi di Kalteng.

“Saya tidak ingin ada inflasi karena cabai atau bawang mewah. Tugas bu Sunarti nanti kedepan untuk itu,” kata suami Yulistra Ivo Azhari ini.

Inflasi, diakui Sugianto, memang rentan terjadi di Kalteng. Salah satunya terhadap komoditas cabai. Jika stok berkurang harga cabai dan bawang bisa melangit sehingga memengaruhi harga-harga yang lain.

“Jangan sampai inflasi tinggi. Kalau begitu (inflasi tinggi, red) masyarakat tidak bisa menabung karena kebutuhan bahan pokok akan naik,” ucap mantan Anggota DPR RI ini.(uni/ila)

BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 23 Sep 18


Sabtu, 22-09-2018 : 10:45:10
Tampak Rimbun, Lahan Samping Landasan Pacu Bandara Tjilik Riwut Terbakar

MESKI tampak rimbun dan ditumbuhi pohon bambu, bukan jaminan lahan kosong bebas karhutla. Buktinya, lahan samping landasan pacu BandaraTjilik Riwut, sempat terbakar, Sabtu (22/9).

Untungn ... Read More

Jum`at, 21-09-2018 : 03:46:08
Personel Redam Aksi Unjuk Rasa

Persiapan personel kepolisian terus dilakukan menghadapi pileg dan pilpres 2019. Kecakapan anggota dan cara menghadapi pengunjuk rasa terus diasah. Seperti yang dilakukan Polres Seruyan. Read More

Jum`at, 21-09-2018 : 03:42:52
SEPAKAT ! Jaga Kondusifitas Kalteng, Gelorakan Deklarasi Pemilu Damai

PALANGKA RAYA- Polda Kalteng menggelar apel pasukan Operasi Mantap Brata 2018 dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2019. Apel tersebut diselenggarakan di seluruh Indonesia dengan tujuan untuk menge ... Read More

Jum`at, 21-09-2018 : 12:24:11
Pemko Diminta Harus Segera Umumkan Detail Informasi CPNS

PALANGKA RAYA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya Ida Ayu Nia Anggraini mendesak Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya untuk transparan dan seger ... Read More