Kamis, Tanggal 12-07-2018, jam 09:32:24

ASTAGA! Menunggak, Aliran Listrik Pasar Diputus

ASTAGA! Menunggak, Aliran Listrik Pasar Diputus
PASAR SEMI MODERN: Pusat perbelanjaan terbesar di Tamiang Layang, Barito Timur yang selalu ramai pengunjung, Rabu (11/7). Aliran listrik ke Pasar Semi Modern Temanggoeng Djaja Karti (TDK) Tamiang Layang ini diputus. LOGMAN/KALTENG POS

TAMIANG LAYANG–Aliran listrik ke Pasar Semi Modern Temanggoeng Djaja Karti (TDK) Tamiang Layang Kecamatan Dusun Timur, Barito Timur, diputus. Pemutusan fasilitas penerangan yang dirasakan warga sebagai pedagang tersebut terjadi sudah dua pekan terakhir.

Pemutusan hubungan listrik tersebut dilakukan PLN lantaran tagihan menunggak. Tetapi tidak diketahui jelas untuk nominalnya hanya saja tunggakan telah memasuki bulan ketiga.

Manager PLN Rayon Tamiang Layang, Syahrul membenarkan, pihaknya melakukan pemutusan aliran listrik sementara untuk Pasar Semi Modern Tamiang Layang. Hal tersebut karena pihak pasar belum melakukan pembayaran selama dua bulan di tambah bulan berjalan. “Jadi tiga bulan kita putus dulu,” sebut Syahrul, kemarin (11/7).

Sebelum dilakukan pemutusan, PLN telah menginformasikan ke Dinas Perdagangan Bartim yang membawahi pasar. Dan dari informasi, sambung Syahrul, Dinas Perdagangan telah berkirim surat ke bupati untuk meminta bantuan pembayaran.

Kepala UPTD Pasar Tamiang Layang, Wanrawaty mengatakan, pemutusan aliran listrik tersebut telah terduga sebelumnya. Lantaran, menurut dia, dua bulan sebelum kejadian pihaknya telah duduk bersama untuk membicarakan masalah pembayaran listrik pasar.

“Selama ini atau lebih dari lima belas tahun, listrik selalu dibayarkan oleh pemerintah daerah. Tetapi setelah dievaluasi tanggungan tersebut memberatkan karena tidak ada pemasukan untuk daerah,” tutur Wanrawaty.

Pasar tidak memberikan kontribusi untuk pembayaran listrik. Pedagang yang menempati los pasar hanya tinggal menggunakan alias gratis. “Kemungkinan hal tersebut menjadi pertimbangan dan menjadi catatan berdampak pada temuan BPK, sehingga masih menunggu bagiamana tindaklanjutnya,” tukasnya.

Disisi lain, pedagang Pasar Tamiang Layang, Tati (45) menceritakan, pemutusan aliran listrik sudah dua pekan terakhir dan tidak diketahui jelas permasalahan. Pihaknya hanya berharap hal tersebut bisa dicarikan solusi dan tidak dibiarkan berlarut–larut. (log)

 

 

 

 


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 23 Jul 18


Minggu, 22-07-2018 : 11:44:01
Tahun Ini, Pemko Tambah 14 Gedung Kantor Baru

PALANGKA RAYA–Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kota Palangka Raya fokus menyelesaikan masalah pembebasan lahan di Kompleks Perkantoran Baru. Pembebasa ... Read More

Sabtu, 21-07-2018 : 10:04:48
Calon Kepsek Definitif Telah Diusulkan

PALANGKA RAYA-Hingga saat ini masih ada sejumlah Sekolah Dasar (SD) di Palangka Raya yang masih dijabat oleh seorang pelaksana tugas (Plt). Akhirnya dalam mengambil kebijakan tidak ... Read More

Sabtu, 21-07-2018 : 07:06:32
Sulit Cari Sumber Air, Dandim dan Kapolres Padamkan Lahan Terbakar dengan Cara Ini

PALANGKA RAYA - Kurang lebih 4 jam, api membakar lahan di Jalan Banteng, malam ini. Tim dari TNI, Polri dan pemadam memadamkan api dengan cara manual. Yakni dengan ranting poh ... Read More

Jum`at, 20-07-2018 : 11:10:40
Mofit Dilantik Jadi Ketua PERAGI

PALANGKA RAYA - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio secara resmi dilantik sebagai Ketua Perhimpunan Agronomi Indonesia (PERAGI) Komisariat Daerah ... Read More