Jum`at, Tanggal 13-07-2018, jam 08:57:49

Api Diduga dari Puntung Rokok, Semak Belukar Berkobar

Share
Api Diduga dari Puntung Rokok, Semak  Belukar Berkobar
Petugas berusaha memadamkan api dengan peralatan yang sederhana di kawasan Lahan Km 10 Jalan Jendral Sudirman, Rabu (11/7). (DPKP FOR/KALTENG POS)

SAMPIT- Beberapa hari tidak diguyur hujan. Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) mulai melanda. lahan di Jalan Jenderal Sudirman Km 10 Rabu (11/7) terbakar. Semak belukar dan padang ilalang di pinggir jalan berkobar.  Bahkan Si jago merah sempat membesar.

Mendapat laporan adanya kebakaran. Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotawaringin Timur (Kotim) langsung turun tangan. Satu unit Damkar dikerahkan ke lokasi kebakaran yang terjadi pada sore hari sekitar pukul 15.30 WIB.

" Kami mendapat informasi adanya kebakaran lahan, hingga satu unit pemadam kita kerahkan untuk memadamkan api, dibantu juga oleh anggota Polres Kotim dan TNI," ucap Plt Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotim Rihel, Kamis, (12/7).

 

Api diduga api berasal dari puntung rokok, karena sebelumnya kawasan tersebut semak belukar sehingga api dengan mudah memakan ilalang di karena sebelumnya ada pemancing yang sempat mancing di kawasan tersebut.

" Lokasinya kawasan bekas timbunan, karena itu tumbuh ilalang hingga membuat api dengan cepat menjalar sampai ke pinggir jalan dan ke arah dalam ada sekitar 100 meter, " ujarnya.

Beberapa titik api yang berpencar, membuat alat tidak bisa menjangkaunya, sehingga pemadaman dikakukan dengan cara menual dan bisa dipadamkan.

BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 20 Sep 18


Kamis, 20-09-2018 : 12:09:32
Dewan Prihatin Dengan Anjloknya Harga Sawit

KASONGAN – Usaha perkebunan kelapa sawit yang dikelola masyarakat, kini sedang lesu. Pasalnya, hingga kini harga buah sawit dari masyarakat masih anjlok. Jika dijual ke perus ... Read More

Kamis, 20-09-2018 : 12:06:09
Dampak Negatif Pernikahan Dini Masih Perlu Disosialisasikan

BUNTOK - Dampak negatif pernikahan dini masih perlu disosialisasikan oleh dinas terkait di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Barito Selatan (Barsel).  Pasalnya, salah satu ... Read More

Kamis, 20-09-2018 : 11:57:54
Bangunan Pelita Hilir Masih Tidak Jelas Statusnya

PURUK CAHU - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperidagkop UKM) Kabupaten Murung Raya (Mura) Kariadi mengaku kesulitan dalam menangani p ... Read More

Kamis, 20-09-2018 : 10:58:19
Kapuas Secara Resmi Buka 197 Formasi CPNS

KUALA KAPUAS - Kabar gembira bagi masyarakat yang mendambakan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pasalnya pada tahun 2018 ini Kabupaten Kapuas secara resmi membuka 197 form ... Read More