Jum`at, Tanggal 13-07-2018, jam 11:13:43
Pemkab Murung Raya

Bupati Sambut Baik Lomba Cipta Menu

Share
 Bupati Sambut Baik Lomba Cipta Menu
Bupati Mura Perdie (tiga dari kanan) mencicipi menu masakan dari Kecamatan Tanah Siang yang diselenggarakan di GPU Tira Tangka Balang Puruk Cahu, Kamis (12/7).( HER/KALTENG POS)

PURUK CAHU - Peserta Kecamatan Tanah Siang berhasil menjadi juara umum pada lomba cpfta menu yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pengan Murung Raya (Mura), di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Tira Tangka Balang Puruk Cahu, Kamis (12/7).

Kemudian posisi juara kedua direbut Kecamatan Murung dan juara ketiga diraih Kecamatan Sumber Barito. Sedangkan kategori SKPD juara satu diraih Dinas Pemerintahan dan Desa (DPMD), juara kedua ditempati Dinas Pengendalian Penduduk (Disdalduk), dan juara ketiga Setda Mura.

Bupati Mura Drs Perdie MA menyatakan, sangat menyambut baik diselenggarakannya lomba cipta menu ini. "Pada tahun 2019, saya minta kegiatan seperti ini diselenggarakan dalam posisi lengkap dan bertepatan dengan kegiatan HUT kabupaten, sehingga akan kelihatan peran dalam memeriahkan, bukan dilakukan secara tersendiri," ulas Perdie.

Kegiatan lomba cipta menu ini dimaksudkan untuk membuat kreativitas dan inovasi dalam membuat menu masakan tanpa berbahan dasar beras.

"Kita di Kabupaten Mura ini masih belum ada tempat untuk menawarkan atau menjual, mempromosikan oleh-oleh khas kota Puruk Cahu seperti di kota Jogjakarta, Bali, Jakarta dan lain sebagainya. Hal ini bisa kita lakukan bersama asalkan ada kemauan," ujar Perdie.

Oleh sebab itu, bupati menawarkan kepada peserta lomba apakah lembaga PKK, Dharma Wanita Persatuan dan lain-lain, intinya siapa yang bergerak cepat. Oleh sebab itu gunakan lah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dengan datang langsung menghadap bupati guna membicarakan hal tersebut.

"Sebab yang dicari adalah orang-orang punya kemauan untuk menciptakan mengangkat, derajat dan harum nama daerah. Oleh karena itu akan kami fasilitasi. Sebab perlu diingat bahwa lomba cipta menu kuliner ini tidak identik dengan lembaga PKK, ataupun Dharma Wanita Persatuan, ibu-ibu Persit Chandra Kirana, Ibu-ibu Bhayangkari, dan sejumlah instansi pemerintah tetapi bisa juga dari laki-laki," ujar Perdie.

"Saya berharap dari kegiatan ini ada efek manfaat siapa yang menjadi juara, sebab tahun lalu tidak ada ditindaklanjuti seperti membuat katering untuk menjamu tamu-tamu yang datang padahal petunjuk saya sudah ada," cetus Perdie.

Bupati juga mengapresiasi keikutsertaan dari 10 kecamatan. Intinya kegiatan ini jangan dilihat dari juaranya, tetapi bagaimana kebersamaan kita, respek kita dan tanggungjawab kita semua.

Bupati Perdie menyatakan, akan memberi bonus kepada juara satu, dua dan tiga dengan nilai juara satu Rp5 juta, juara kedua Rp3 juta dan juara ketiga Rp1,5 juta.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Mura, Ferdinan menambahkan, kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk membuat bahan makanan berbasis lokal dan meningkatkan konsumsi pangan, serta mendorong kreativitas dan inovasi anggota keluarga dalam membuat menu beragam serta berkreasi. (her/iha/CTK)

BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 23 Sep 18


Sabtu, 22-09-2018 : 03:13:26
Jika Melakukan Ini, CPNS yang Diterima di Bartim Bisa Kena Denda Rp200 Juta

TAMIANG LAYANG - Para pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Barito Timur (Bartim) harus memenuhi sejumlah persyaratan. Diantaranya, kewajiban untuk membuat surat peryataan bersedia ... Read More

Sabtu, 22-09-2018 : 03:09:54
Warga Keluhkan Kepulan Asap dari Tongkang yang Tambat

MUARA TEWEH - Warga Kelurahan Tumpung Laung, Kecamatan Montallat, Kabupaten Barito Utara (Batara) mengeluhkan asap. Kepulan asap itu berasal dari tongkang pengangkut batu bara yang ... Read More

Jum`at, 21-09-2018 : 04:49:13
Seruyan Kembangkan Perumahan Pemukiman

KUALA PEMBUANG-Pemerintah Kabupaten Seruyan terus melakukan berbagai upaya untuk membuat masyarakatnya sejahtera. Berbagai pembangunan dilakukan baik infratstruktur hingga pembangunan pengembangan ... Read More

Jum`at, 21-09-2018 : 04:35:59
Amankan Desa, Kades Berikan Motor

KUALA PEMBUANG-keberadaan Forum Kemitraan Polisi dan masyarakat (FKPM) Desa Sungai Undang memberikan dampak positif. Pasalnya selama ini keberadaanya mampu memberikan rasa aman bagi warga desa. Ang ... Read More