Jum`at, Tanggal 13-07-2018, jam 11:35:43

Pemkab Harus Selalu Berinovasi

Pemkab Harus Selalu Berinovasi
Anggota Komisi III DPRD Barsel, Rinto Rahman (tiga dari kiri) bersama sejumlah rekannya mengecek kondisi rumah dinas yang ada di lingkungan UPT Puskesmas Buntok, beberapa waktu lalu.( HUMAS FOR KALTENG POS)

BUNTOK - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barsel, Rinto Rahman mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel untuk selalu berinovasi dalam mengembangkan ekonomi masyarakat di daerah itu.

"Kita mengharapkan kepada Pemkab Barsel mengembangkan perekonomian, dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada," ujar Rinto, Kamis (12/7).

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menuturkan, hal tersebut dilakukan dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat terutama yang berada di wilayah pedesaan.

Rinto mengharapkan, agar instansi yang berkompeten atau terkait sejatinya tidak tinggal diam. Tapi harus lebih proaktif dalam upaya mengembangkan perekonomian masyarakat melalui berbagai program.

Di mana program yang dimaksud, sambung anggota Komisi III itu, seperti melaksanakan pelatihan-pelatihan agar masyarakat bisa menjadi lebih mandiri, kemudian mampu membuka peluang usaha sendiri.

Selain itu, melalui pemberian bantuan berupa sarana dan prasarana yang ada kaitannya dengan perekonomian yang tengah dikembangkan masyarakat tersebut.

"Pemerintah daerah, kita harap terus mendorong agar masing-masing desa bisa mengembangkan komoditas lokal, seperti yang diutarakan oleh bupati Barsel beberapa waktu lalu," ucapnya.

Sebelumnya, Bupati H Eddy Raya Samsuri berulangkali menyampaikan, tiap-tiap desa supaya bisa mengembangkan satu komoditas unggulan. Mengingat desa di Barsel kebanyakan berada di pesisir Sungai Barito dan sumber daya alam yang paling dominan ialah rotan dan sektor perikanan.

"Komoditas inilah seyogyanya bisa menjadi nilai tambah bagi pendapatan masyarakat. Semoga dengan upaya itu kesejahteraan masyarakat di Barsel bisa terangkat dan mengalami peningkatan," harap Rinto. (tha/iha/CTK)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 23 Jul 18


Senin, 23-07-2018 : 12:03:16
Siapkan 24 Ribu Hektare Untuk Kembangkan Kawasan Industri

PANGKALAN BUN–Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) siap mengembangkan sektor industri pengolahan dengan membuka Kawasan Industri Terpadu (KIT) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK ... Read More

Minggu, 22-07-2018 : 10:10:47
Tolak Penundaan Pembayaran Tunjangan PNS

NANGA BULIK - Usulan bupati Lamandau, tentang penundanan pembayaran tunjangan daerah dan lauk pauk bagi  Pegawai Negeri Sipil (PNS) ditolak dewan. Rencana, penundaan pembayaran pada Juni hingg ... Read More

Sabtu, 21-07-2018 : 09:47:13
KMC Program Pemda untuk Menekan Angka Anak Putus Sekolah

PURUK CAHU- Bupati Murung Raya (Mura), Drs Perdie MA mengatakan, program Kartu Mura Cerdas (KMC) merupakan upaya pemerintah daerah untuk menekan angka anak putus sekolah. Setidakny ... Read More

Sabtu, 21-07-2018 : 09:44:20
Titik Api Mulai Bermunculan

KUALA KAPUAS - Titik api akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saat ini mulai bermunculan dibeberapa wilayah Kalteng, khususnya Kabupaten Kapuas. Tidak ingin musibah silam te ... Read More